Catatan 13

Hari ini, mas Imron dan mbak Wina memberi banyak masukan Pustaka Bergerak Indonesia, yang diwakili oleh Nirwan Ahmad Arsuka. Terima kasih.

Gambaran pekerjaan untuk membangun DAO yang diinginkan (pada tahap awal) adalah seperti berikut ini.

Di dalam skema di atas, fitur Governance akan ditunda, untuk dapat memaksimalkan empat pekerjaan lainnya. Empat pekerjaan lainnya itu sebenarnya terdiri dari dua hal utama, yaitu: soal ‘login‘, token, dan dompet (wallet) dan Proposal Proyek.

Pekerja yang dibutuhkan untuk membangun DAO pada tahap awal itu adalah seperti berikut ini. Yang tidak tercantum di dalam skema itu adalah pekerjaan Marketing, yang saya pikir, dapat dilakukan oleh pihak PBI (Nirwan) seperti ia biasa melakukannya dengan canggih.

Tahapan yang akan dilakukan adalah seperti berikut ini.

Tahapan pembangunan DAO dimulai selama beberapa bulan (bisa jadi 6 bulan), sebelum dapat melakukan ujicoba di testnet selama sebulan, dan baru diluncurkan di Mainnet sebulan kemudian.

Pada malam harinya, setelah pertemuan, saya, dikirimi Rp5.000.000,- oleh Nirwan. Belum jelas benar pengiriman itu dialokasikan dari mata anggaran yang mana (yang telah disetujui oleh pihak Dirjenbud dan LPDP). Setahu saya, butir anggaran operasional untuk gaji adalah sesuai Upah Minimum Regional DKI Jakarta sebesar Rp4.641.854,- yang masih akan dikurangi dengan pajak penghasilan. Mungkin dana itu untuk menanggulangi biaya operasional sejak Februari sampai Desember 2022. Apa pun itu, saya bersyukur dan berterima kasih.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

One response to “Catatan 13”

  1. […] lebih dari sebulan lamanya, akhirnya saya memutuskan untuk mengembalikan dana yang dikirimkan pada 13 Desember 2022 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *