Catatan 01_17

Saya berpikir, bahwa suatu proses kerja yang didanai oleh dana yang dikumpulkan dari publik perlu dilakukan secara terbuka. Karena saya tidak melihat adanya keterbukaan dalam pengelolaan dana hibah Dana Indonesia kepada Yayasan Pustaka Bergerak Indonesia, di mana saya terlibat di masa persiapan dan pengajuannya, maka saya menjadi ‘ngeri’ dan memilih untuk tidak terkait dengan berbagai ketidakjelasan yang muncul. Kengerian yang muncul karena ketidak-percayaan yang membesar.

Sore tadi ada kiriman sebesar Rp9.283.708,-. Nilai yang menurut si pengirim adalah honor untuk bulan 1 dan 2. Ia sudah mengacu pada mata anggaran honor di dalam proposal yang diajukan, yaitu sebesar Upah Minimum Regional DKI Jakarta – Rp4.641.854,-. Saya diminta untuk mengembalikan Rp5juta yang dikirimkan sebelumnya. Sore itu juga saya memutuskan untuk mengembalikan dana yang dikirimkan pada 13 Desember 2022, beserta kiriman sore tadi. Jadi genap, saya kembalikan semua.

Dengan ini saya menyatakan: sampai hari ini, saya tidak menggunakan dana dari publik untuk proses pembangunan DAO Bergerak yang saya lakukan. Untuk proses pembangunan DAO bergerak yang tidak saya lakukan, publik dapat menanyakannya pada penanggung jawab Yayasan Pustaka Bergerak Indonesia.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *