tentang aikon

Aikon dikenal sejak 1994 sebagai media cetak pertama di Indonesia yang didistribusikan secara gratis dengan prinsip berkelanjutan. Media ini menyebarkan berbagai informasi yang terkait dengan lingkungan hidup dan sosial, seni, serta sejarah. Visi Aikon sebagai sebuah lembaga not for profit di bawah Yayasan Pikir Buat Nusantara, adalah terbentuknya masyarakat Indonesia yang berpikiran terbuka.

Berbagai kegiatan edukasi masyarakat yang dilakukan, antara lain;

Gelar Kebon (1995), kegiatan relawan untuk Kebun Binatang Ragunan, Program Pagi (1997), program daur ulang yang menggelar Minggu Kertas di 1999 dan 2001, Peta Hijau (2002), Warga Peduli Bangunan Tua (Walibatu, 1997) program untuk pelestarian bangunan bersejarah. Program aikonTV, episode ‘peniti’, memperoleh Piala Vidia di tahun 1997, untuk kategori non-cerita terbaik. Di 2008 aikon mulai mengembangkan konsep internet keliling (netling). Tahun 2010, aikon menerbitkan Buku Do Good Design tulisan David B. Berman dalam Bahasa Indonesia. Penerbitan ini dilengkapi dengan workshop dan diskusi di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali di 2011. Akhir 2011 Aikon memunculkan program Desain untuk Difabel yang melibatkan berbagai lembaga di Jakarta dan Solo, untuk merayakan Hari Difabel Internasional dan menyambut Asean Paralimpic Games 2011 di Solo.

Kemudian di 2010, aikon mulai mengembangkan konsep patungan.net. Program ini mendukung inisiatif warga melalui pengumpulan dana berbasis internet dan jaringan sosial (crowdfunding). Situs yang diharapkan dapat turut mengembangkan industri kreatif ini, diluncurkan Februari 2012.

Di 2013, Laboratorium Desain Publik, aikon, meluncurkan BioBemo: bemo bertenaga listrik, sebagai produk dari Program Revitalisasi Bemo Karet.

==

Jalan Kemang Selatan XIIA.18
Jakarta 12410
Indonesia
6221.759.10687
rico@aikon.org
@aikonia

 

 

Bhinneka Itu Indonesia

Bhinneka Itu Indonesia adalah sebuah gerakan dan ajakan bersama masyarakat untuk merayakaan kebhinnekaan dengan beragam kegiatan seperti penempelan poster, pembuatan mural, dan segala bentuk aktivitas  yang dilakukan secara mandiri dan kolaborasi untuk ikut serta membangun toleransi di tengah pluralisme bangsa, sebab tanpa bhinneka tak mungkin Indonesia.