Mimpi Bikin DAO

DAO, Decentrized Autonomous Organization, adalah suatu sistem yang dapat mengotomatisasi kegiatan administratif di dalam suatu organisasi. Pengambilan keputusan atas suatu hal dilakukan dengan pemungutan suara anggota. Setiap anggota memiliki andil dalam keberlanjutan organisasi. DAO itu adalah suatu tata kelola sebuah organisasi yang berjalan secara otomatis. Tata kelola ini diatur oleh banyak Kontrak Pandai (smart contracts) yang diletakkan di dalam sebuah blockchain, sebuah sistem yang bebas sensor (imutable), transparan, dan terdesentralisasi. Kontrak-kontrak Pandai itu mengatur tahapan dan keputusan yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.

Sebagai awal berikut ini adalah sebuah skema yang dibuat sebagai gambaran bagaimana sebuah DAO berkerja. Skema ini dibuat untuk menginisiasi pembangunan DAO Bergerak, sebuah sistem otomatis yang berkelanjutan di dalam kelompok Pustaka Bergerak Indonesia.

Banyak aplikasi (dAppsdececentralized application) dan modul tersedia di jaringan internet yang dapat digunakan sebagai ‘prosesor’ untuk berjalannya sebuah DAO. Proses yang kini sedang dijalani, adalah merangkai berbagai aplikasi dan modul itu menjadi sebuah sistem yang terintegrasi dan memudahkan.

Dana maupun aset yang terkumpul, baik yang diperoleh dari kontribusi publik maupun dari hasil berbagi keuntungan dari suatu proyek (NFT, dApps, DeFi) , ditempatkan di dalam sebuah Kas Bersama (GnosisSafe). Dana dan aset tersebut akan dialokasikan untuk lima hal: Kas Insentif Anggota, Kas Proyek NFT, Kas Proyek dApps, dan Tabungan. Alokasi masing-masing kas adalah 20% dari total nilai Kas Bersama.

Dana untuk Kas Insentif Anggota diberikan melalui mekanisme peran yang diproses oleh aplikasi Collab.Land dan SourceCred yang terhubung dengan media sosial berkanal, Discord. Dana dan/atau aset untuk Kas Proyek NFT, Kas Proyek dApps, Kas Defi akan secara otomatis diserahkan pada masing-masing proposal yang telah disetujui, ketika suatu proposal disetujui (melalui mekanisme pemungutan suara) oleh anggota untuk dijalankan.

Pengelolaan sistem dijalankan secara otomatis oleh berbagai aplikasi dan modul. Untuk menjaga privasi dan pengembangan ke konsep Universal Basic Income nantinya, pendaftaran anggota diproses oleh suatu aplikasi Self Sovereign Identity (SSI). TypeForm digunakan untuk penulisan proposal. SnapShot untuk pengajuan dan pemungutan suara suatu proposal. Zodiac Reality adalah modul yang digunakan Snapshot tadi untuk mengakses GnosisSafe. Alokasi untuk Tabungan merupakan dana yang tetap berada di dalam Kas Bersama. Aset yang diproduksi dan/atau terkumpul akan disimpan di dalam InterPlanetary File System (IPFS), sehingga dapat selalu tersedia untuk (hampir) selamanya. Publik dapat kemudian membeli produk NFT yang diterbitkan anggota melalui OpenSea (pasar NFT terbesar saat ini – marketplace) dan mengakses aplikasi yang dibangun oleh anggota melalui Github. Untuk berpartisipasi dalam proyek Decentralized Finance (DeFi), pengembangan nilai token BGRK, nantinya publik dapat menggunakan SushiSwap.

Publik, anggota, dan para kontributor dapat menyaksikan berbagai kinerja dan transaksi yang dilakukan di dalam sistem yang transparan dan egaliter ini melalui facebook, twitter, instagram, dan nantinya subdomain dao.pustakabergerak.id.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published.