proyek seru di masa transit, satu di antaranya bisa diintip di sini

Berpikiran terbuka itu konon menyehatkan jiwa.

Bolehkah Kendaraan Tiga Roda beroperasi di Jakarta?

Written in

by

Simpang siur. Itulah pendapat saya sewaktu mencari kejelasan mengenai dilarang atau tidaknya kendaraan roda tiga di Jakarta.

PT Abdi Rahardja, distributor Bajaj, yang dihubungi pun mengatakan, bahwa mereka hanya dapat menjual produk roda tiga mereka dalam keadaan ‘off-the-road’ – tanpa STNK.

Kemudian, saya coba bertanya juga ke penjual motor roda tiga Kaiser. Mereka juga menyatakan, kalau di Jakarta ya dilarang, namun untuk daerah pinggiran dan luar Jakarta, boleh, kok!

Pihak Nurani Dunia yang mendapat bantuan tiga Bajaj dari sebuah perusahaan telekomunikasi pun menyatakan hanya dapat mengoperasikan bajaj mereka di komunitas di luar batas Kota Jakarta.

Bingung!

Berikut ini adalah beberapa Peraturan dan Keputusan pemerintah yang simpang siur itu..

Keputusan Menteri Perhubungan No 35/2001 tentang angkutan umum pun tidak melarang bajaj beroperasi.

Perda No 3/ 2003 pun tidak melarang bajaj beroperasi.

Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2003 tentang Lalu Lintas Angkutan Umum. Dalam perda tersebut, tidak satu pun disebutkan kendaraan roda tiga sebagai moda transportasi di Jakarta.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 35 Tahun 2005, terutama Pasal 32 tentang angkutan lingkungan, terutama dalam Ayat (2b), menyebutkan, pelayanan angkutan lingkungan dengan ciri-ciri… dilayani dengan mobil penumpang umum beroda empat atau tiga.

Seandainya ada yang dengan mudah dapat memperjelas persoalan ini.. hiks

Tags

5 responses to “Bolehkah Kendaraan Tiga Roda beroperasi di Jakarta?”

  1. andy Avatar
    andy

    menurut saya bajaj baru yang bbg boleh aja ber operasi sebab ramah lingkungan tapi kalo yang lama wahh itu harus segera diganti dengan yang bbg sebab yang lama itu selain berisik asep nya juga bau banget, kalau yang ngisep asep nya anak kecil bisa bikin bego ,jadi menurut saya kalo bajaj lama tetap beroprasi sama dengan membiarkan generasi kita hancur alias bego lantaran sering menghisap asap bajaj, terutama anak-anak jakarta.

  2. rico Avatar
    rico

    putra mahkota menulis:

    siapa bilang bajai lama bikin bego, klo emang pengaruh asap , saya rasa bukan hanya bajai, tapia seluruh kendaran 2 tak . jadi jngn selalu memeojokan bajai lama dooooooong.

  3. cahyo Avatar
    cahyo

    kalo mau modif motor roda 2 menjadi roda 3 apa msh boleh dipakai dijalan jakarta? mohon penjelasannya…

  4. rico Avatar
    rico

    roda dua yang dimodifikasi menjadi roda tiga, konon akan mendapat stnk khusus, bila digunakan oleh warga difabel? (masih simpang siur, sih..)

  5. yudy Avatar
    yudy

    Saya mau tanya, seandai nya motor roda tiga untuk komersil/berjualan barang, apakah sudah ada peraturan tertulis atau baku yang mengatur untuk rute/jalanan yang di lewati? seandainya ada, saya boleh minta info nya jalanan mana aja yang tidak bisa di lewati?

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *