Bengkel Terbuka: Mesin ‘milling’ Titipan

Mesin milling itu semacam alat bor yang dapat mengikis benda kerja secara horizontal dan vertikal. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh mesin ini. Pekerjaan melubangi, mengikis, dan menyayat besi pejal, as, lembaran, dan material solid lainnya dapat dilakukan oleh mesin ini untuk menjadikan beragam produk seperti botol, rumah bearing, sampai pegangan-pegangan (brackets) mesin.

Operator mengoperasikan mesin ini dengan cara menaik atau turunkan satu tuas untuk mengatur gerakan sebuah ‘pena’ yang berputar secara vertikal, dua pengatur berbentuk kemudi (bundar seperti stir mobil) yang masing-masing diperuntukkan mengatur posisi benda kerja dalam aksis X dan Y, dan satu engkol untuk menaik-turunkan meja kerja. Setiap alat pengatur itu dilengkapi dengan garis-garis pengukuran, sehingga setiap gerakan dapat diatur secara presisi.

Mesin milling ini dititipkan di ‘Bengkel Terbuka: aikon bikin-bikin’ dengan harapan dirawat dan difungsikan agar dapat berguna bagi pabrik di mana bengkel aikon itu mengontrak.

Leave a Reply

Close Menu