Revitalisasi Blandongan?

Rumah-toko zaman dulu di Jalan Blandongan 20, Kecamatan Tambora, Provinsi Jakarta Barat ini dulu milik Pah Wongso, orang yang terkenal di sekitar..

Setelah berpindah kepemilikan beberapa kali, kondisi sekarang, akhir Agustus 2022, hancur di hampir semua tempat, menunggu waktu roboh..

Proyek Revitalisasi Blandongan 20

APA

Berupa sebuah kedai dengan program kegiatan sederhana yang diharap, dari pemasukan yang diperoleh, akan dapat memenuhi kebutuhan finansial untuk merawat dan mengembangkan bangunan.

Proyek ini berusaha untuk menjadikan suatu tengeran (berwujud maupun nirwujud) sederhana yang dapat mengembalikan hadirnya akal sehat, demi masa depan yang otentik.

Menjadi tempat sederhana bagi penduduk sekitar yang menjadikannya penguat hubungan sosial serta kebanggaan atas keterlibatannya pada proyek ini.

MENGAPA

Ada tiga persoalan yang ingin dijawab dengan Proyek Revitalisasi Blandongan 20 ini.

  1. Menolak lupa. Persoalan sejarah yang hadir melalui keberadaan bangunan tua. Arsitektur yang otentik dengan narasi yang disampaikan secara kontemporer akan menjadi bagian dari resep kepemilikan jati diri di masa yang akan datang.
  2. Cina Indonesia. Keturunan cina di negara ini sering berulang menjadi kambing hitam tanpa perlawanan. Era refomasi yang muncul setelah kerusuhan meluas dipicu secara
  3. Berkarya dengan selalu berusaha untuk menyeimbangkan dua kubu, yang sering dianggap berseberangan, profit dan prinsip. Berkarya dengan keseimbangan yang hampir mustahil itu akan mendorong benefit bagi banyak pihak. Manusia diingatkan untuk berusaha secara lintas batas, menguji batas-batas baru, di mana pada saat yang sama merasa berkecukupan pada apa yang telah diberikan oleh semesta. Kalimat sebelum ini perlu diartikan sebagai: usaha pencarian profit sebesar-besarnya demi kontribusi kembali pada publik tanpa batas yang umum.

Proyek Revitalisasi Blandongan 20 adalah kegiatan yang selalu berusaha membangun dan mengembangkan akal sehat melalui cara-cara yang sederhana, antara lain, kuliner, arsitektur, dan seni kontemporer.

==

5,5Milyar + 8% bunga deposito/tahun (440jt/tahun. Total bunga dlm 5 tahun: 2.2M)
Total dalam 5 tahun: 7,7Miliar

7,7M dibagi 5 tahun dibagi 12 bulan dibagi 20 hari dalam satu bulan, maka target minimum profit = 6,42jt per hari.

Bila 20% dr omzet adalah 6,4jt, maka 100% omzet per hari adalah 32jt (biaya operasional: 25,6jt)

Bila 50% dr omzet adalah 6,4jt, maka 100% omzet per hari adalah 12,8jt (biaya operasional: 12,8jt)

Bila satu pengunjung keluarkan/bayar 100rb, maka untuk omzet 12,8jt/hari perlu ada 128 pengunjung.

Untuk 12 jam operasional dgn 128 pengunjung, maka kursi/ruang yang dibutuhkan 10,6 –> 11 kursi setiap jam

Bila satu pengunjung keluarkan/bayar 100rb, maka untuk omzet 32jt/hari perlu ada 320 pengunjung.

Untuk 12 jam operasinal dgn 320 pengunjung, maka kursi/ruang yang dibutuhkan 26,6–> 27 kursi setiap jam


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *