Siaran Pers Dewan Kesenian Jakarta

dari DetikNews
Firman Ichsan terpilih sebagai Ketua Pengurus Harian Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) periode 2009 – 2012. Firman Ichsan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bidang Umum DKJ terpilih dengan dukungan lebih dari separuh anggota DKJ untuk menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Marco Kusumawijaya.

Terkenal luas sebagai fotografer senior, kurator-penyelenggara pameran foto, juri lomba foto dan pelukis, Firman Ichsan juga aktif sebagai akademisi. Selain mengajar di Institut Kesenian Jakarta, belakangan ia menjabat sebagai wakil rektor di institusi tersebut.

Memimpin DKJ, Firman Ichsan bermimpi untuk menjadikan lembaga ini lebih mampu mendorong para seniman untuk mengembangkan kreativitas dan penciptaan karya seni dan menyalurkan berbagai karya seni bermutu kepada masyarakat. Direktur Eksekutif Jakarta Bienale XIII itu juga berharap agar institusi publik ini lebih modern, serta menjembatani masyarakat seni dengan masyarakat umum, agar Jakarta menjadi kota seni terdepan.

Berikut adalah susunan kepengurusan Dewan Kesenian Jakarta Periode 2009 – 2012 sebagaimana siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (3/2/2010):

Ketua Pengurus Harian DKJ: Firman Ichsan
Sekretaris: M. Abduh Aziz

Ketua Bidang Program: Dewi Noviami
Ketua Bidang Administrasi, Keuangan: Sari Madjid
Ketua Bidang Umum: Eric Awuy

Komite Sastra
1. Ahmadun Yosi Herfanda
2. Diah Hadaning
3. Martin Aleida
4. Nur Zen Hae

Komite Musik
1. Aisha Pletscher-Sudiarso
2. Budi Utomo Prabowo
3. Dian HP
4. Eric Awuy
5. Jabatin Bangun

Komite Seni Rupa
1. Aisul Yanto
2. Sarnadi Adam
3. M. Firman Ichsan
4. Marco Kusumawijaya

Komite Film

1. Alex Sihar
2. Marselli Sumarno
3. Dr. Tanete A. Pong Masak
4. M. Abduh Aziz

Komite Tari
1. Dedy Lutan
2. Renee Sariwulan
3. Rury Nostalgia
4. Yudhistira Sjuman

Komite Teater
1. Jose Rizal Manua
2. Madin Tyasawan
3. Dewi Noviami
4. Sari Madjid

DKJ salah merupakan satu lembaga yang dibentuk oleh masyarakat seniman dan dikukuhkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, pada 17 Juni 1969. Anggota DKJ berjumlah 25 orang, terdiri dari para seniman, budayawan dan pemikir seni, yang terbagi dalam 6 komite: Komite Film, Komite Musik, Komite Sastra, komite Seni Rupa, Komite Tari dan Komite Teater.

DKJ memiliki peran dan berfungsi sebagai mitra kerja Gubernur DKI Jakarta untuk merumuskan kebijakan guna mendukung kegiatan dan pengembangan kehidupan kesenian di wilayah Propinsi DKI Jakarta. Kebijakan pengembangan kesenian tercermin dalam bentuk program tahunan yang diajukan dengan menitikberatkan pada skala prioritas masing-masing komite.

by ESR

Leave a Reply

Close Menu