Zona Pertarungan

Lagi-lagi Ruang Rupa mengadakan program menarik!

ARENA: JAKARTA BIENNALE 2009: ZONA PERTARUNGAN

Ruang publik Jakarta selalu berada dalam ketegangan dari tarik-menarik berbagai kepentingan komersial dan kekuasaan. Ruang publik yang semestinya menjadi milik masyarakat, tanpa diskriminasi kelas dan golongan, telah sejak lama menjadi medan pertarungan, dari sebuah area menjadi arena. Ada hak pandang pribadi yang dicabut melalui penancapan papan iklan di mana pun ia ingin berdiri, spanduk dan poster yang penempatannya sama ilegalnya dengan grafiti dan mural, sampai iklan yang seketika muncul di telepon genggam. Ada fungsi kawasan dan bangunan yang bergeser atau berubah sama sekali dari rencana awal.

Hal-hal tersebut menyebabkan cara pandang masyarakat yang berubah atas ruang publik yang tak pernah benar-benar merasa dimiliki. Keberjarakan terhadap ruang publik itulah yang akan dicairkan melalui Zona Pertarungan ini.

Dua lokakarya akan diadakan dalam Zona Pertarungan untuk berinteraksi lebih jauh dengan masyarakat melalui karya-karya seni rupa. Karya-karya akan menanggapi permasalahan yang hidup di dalam situs tersebut. Untuk menajamkan informasi mengenai situs, penelitian akan dilakukan dari aspek sejarah, keseharian, memori kolektif, tingkah laku masyarakat dan bagaimana anggapan dan perlakuan masyarakat terhadap situs tersebut. Kehadiran karya diharapkan dapat memancing masyarakat untuk berinteraksi, memberikan kemungkinan-kemungkinan lain dari keberadaan sebuah ruang, dan membuat masyarakat memaknai ruang itu sebagai sesuatu yang baru, yang tak hanya dilalui begitu saja, namun memiliki arti lebih daripada sebuah area maupun arena.

PROGRAM
1. Lokakarya Situs Spesifik (Site Spesific Workshop)
2. Lokakarya Seni Rupa Billboad (Billboard Art Workshop)
3. Pameran khusus Jakarta 32?c (Showcase Jakarta32c) – pameran dua tahunan karya visual mahasiswa Jakarta yang sejak 2004 diadakan oleh Komplotan Jakarta 32?c dan ruangrupa.

Leave a Reply

Close Menu