YPKKI

2001_Juli_Edisi 126_Sekitar Kita:
YPKKI
Ade Tanesia

YPKKI,

Penyalur Aspirasi Konsumen Kesehatan
Kemana Anda harus melapor jika suatu kali hak-hak Anda sebagai konsumen kesehatan diabaikan? Atau Anda pernah bermasalah dengan dokter, bidan, obat atau pun layanan kesehatan lainnya-yang selama ini Anda percaya-telah nerugikan Anda?Ada baiknya Anda konsultasikan masalah Anda ke YPKKI atau Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia. Yayasan nirlaba yang didirikan sejak 18 Agustus 1999 ini secara sukarela akan membantu Anda.
Sejak didirikan, program utama yang menjadi prioritas YPKKI adalah mengangkat isu-siu kesehatan masyarakat, menyelesaikan masalah ketidak puasan pemakai jasa layanan kesehatan, penerbitan informasi kesehatan serata penelitian kesehatan masyarakat.

Menurut dr. Marius Wijajarta, S.E, hingga Maret 2001, YPKKI telah menangani sebanyak 145 kasus, antara lain, kasus mal praktek dokter, kasus pelayanan rumah sakit, obat kadaluarsa, terapi narkoba bermasalah, asuransi kesehatan, alat kesehatan, kosmetik bermasalah dan masih banyak kasus lainnya.

“Hingga kini hampir 90% kasus-kasus tersebut dimenangkan oleh pihak konsumen, 10% lainnya masih dalam tahap perundigan dengan pihak-pihak yang bermasalah,” papar Marius.

Dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan hak-hak serta kewajiban sebagai konsumen kesehatan, YPKKI bercita-cita ingin memberdayakan konsumen kesehatan sehingga mereka dapat memperoleh jasa layanan kesehatan sesuai dengan hak dan kewajibannya.

YPKKI
kontak: S. Juliati, S.H/
dr. Marius Wijajarta, S.E
Jl. Senayan 39 Blok S,
Kebayoran Baru
p: (021) 7244808
f: (021) 7244808
e: ypkki@yahoo.com

2 thoughts on “YPKKI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *