tidur …

1997_akhir Januari_Edisi 061_inap:
tidur …

Gorila tidur 14 jam sehari, gajah hanya 2 jam dan manusia hampir sepertiga umur manusia dihabiskan untuk kebutuhan tidur, sampai ada ungkapan Cina “hidup tidak sepanjang yang kita lihat, karena separuhnya dihabiskan untuk tidur”. Namun sebenarnya waktu tidur yang dibutuhkan seseorang sanagt individual, tergantung usia, emosi, kebiasaan tidur dan lain-lain. Yang jelas bukan melulu untuk istirahat atau relax, tapi juga saat perbaikan dan pertumbuhan sel-sel tubuh.

Ternyata manusia mempunyai struktur mirip sebutir kacan didasar otah yang disebut “pintunya gland”. Kelenjar ini mengeluarkan hormone perumbuhan dan sangat bertanggung jawab bagi perkembangan tubuh. Ketika kita tidur, hormone pertumbuhan ini akan dikeluarkan dalam jumlah jauh lebih besar. Tapi seringkali kita mengalami kesulitan tidur, ditempat yang bau atau di negara lain yang memiliki perbendaan waktu yang menyolok. Da istilah jet lag yaitu orang yang terbang dari satu benua kebenua lain, biasanya tidak dapat langsung menyetel jam biologisnya, sehingga tidur dan makan menurut waktu yang baru akan mengganggu pol lama seseorang. Biasanya dibutuhkan proses adaptasi yang memakan waktu 10 hari atau lebih. Unutk mengatasi kesulitan tidur ini, salah satunya adalah melakukan latihan memercepat atau memperlambat waktu tidur sebelum bepergian keusatu temapt. Tapi jika sudah sampai ditempat baru masih kesulitan, ada baiknya melakukan relaksasi otot dan pikiran. Relkasasi pikiran sangat penting karena tidurpun dikontrol oleh gelombang otak.

Gelombang tak dapat direkam oleh mesin elektoensephalogram atau EEG. Misalnya bila seorang duduk diam dengan mata tertutup, bentuk gelombangnya cukup teratur dan frekuensinya kira-kira 8 sampai 13 putaran per detik. Lain halnya jika seseorang tertidur, bentuk gelombangnya berubah menjadi lebih lambat. Dan kita bisa mengetahui seberapa pulas tidur seseorang.

Disadur dari “Tidur Tanpa Obat” oleh Dr. Moses Wong, Yayasan Essentia Medica, Yogyajarta PO.BOX 1058; Majalah Intisari No. 399, Oktober 1996 : Encyclopedia of Americana vol.25

Leave a Reply

Close Menu