Sir Joseph Banks & Kerjaan Hijaunya

1997_mula Januari_Edisi 060_rupa-rupa:
Sir Joseph Banks & Kerjaan Hijaunya

Natural History Museum di London menyimpan ribuan jenis serangga dari seluruh dunia. Dan sebagian besar dari koleksi itu adalah hasil perjalanan Sir Joseph Banks, seorang bangsawan Inggris abad 18, dalam perjalanannya keliling dunia selama 3 tahun (1768 – 1771).

Bersama Kapten James Cook dan pelukis Sydney Parkinson, Banks mengelingi dunia dalam sebuah ekspedisi yang terkenal sebagai ekspedisi botani paling ambisius, yang berhasil membawa hampir 5.000 jenis serangga!. Di samping itu, bangsawan kaya raya ini mengangkut pula berbagai jenis tanaman, yang saat ini menjadi koleksi Royal Botanic Garden.

Sejak kecil Banks memang sudah mencintai alam dan misteri di balik keindahannya. Ia mulai mengkoleksi tanaman sendiri pada umur 21 tahun ketika ia masih menjadi mahasiswa di Eton. Tahun berikutnya, ia bergabung dengan The Botanical Club, The Fossil Club, dan The Antiquarin Club. Dari perkumpulan yang dipilihnya, sudah Nampak jelas ke arah mana ketertarikan Banks. Bahkan ketika seorang temannya bertanya mengenai tempat yang paling ingin ia kunjungi, Banks tidak menunjuk sebuah tempat, karena ia ingin mengunjungi lebih dari satu tempat, ia ingin mengadakan perjalanan keliling dunia.

Meninggal tahun 1820 dalam usianya yang ke 77, Bank mewariskan banyak hal berharga bagi pengetahuan. Salah satu yang paling terkenal adalah Rose Tree Museum, perkebunan mawar terbesar di dunia. Di sana terdapat satu jenis bunga mawar yang bernama Rosa banksiae, yang juga terkenal dengan sebutan Lady Bank’s Rose, untuk menghormati istri Banks. Dari perkebunan di Kew (Royal Botanic Garden), bibit bunga ini disebar ke seluruh dunia, dan hingga saat ini merupakan jenis mawar yang paling populer.

 

Leave a Reply

Close Menu