Segitiga di Pelupuk Arsitektur

1996_mula November _Edisi 056_bahas:
Segitiga di Pelupuk Arsitektur

  1. Bagi arsitek, segitiga adalah symbol kestabilan. Semua struktur bisa berdiri dengan stabil bila resultante gaya-gaya yang bekerja padanya membentuk polygon segitiga. Bila sebuah struktur dibangun dengan konfigurasi bukan segitiga, maka sambungan-sambungannya diperkuat dengan pengaku berbentuk segitiga, misalnya sekur pada pertemuan tiang dan balok pada rumah tradisional kita.
  2. Semua kuda-kuda atap miring (bukan atap datar) pada dasarnya adalah pengembangan dari bentuk segitiga untuk mendapatkan kekakuan penutup ruang itu.
  3. Sejarawan Laughier dalam bukunya Essai sur I’Architecture menganggap bahwa struktur segitiga yang dibuat dari rangkaian beberapa batang kayu adalah struktur dasar rumah primitive (primitive hut) yang menjadi sumber prinsip-prinsip arsitektur.
  4. Pengembangan segitiga ke arah tiga dimensi akan membentuk tetrahedron (piramida dengan alas segitiga) kokoh yang bisa dikembangkan lagi menjadi gubahan yang lebih kompleks, sebagaimana dijumpai pada geometri Kristal.
  5. Segitiga dihormati pula sebagai salah satu bentuk murni selain lingkaran dan bujursangkar karena sudah tidak bisa disederhanakan lagi. Menurut Plato, segitiga adalah salah satu bentuk ideal (ideal shape) sehingga sering dipilih untuk tema-tema religious.

Segitiga Bermuda
– Wilayah perairan berbentuk segitiga yang sisi-sisinya adalah Pantai Bermuda, Miami, Puerto Rico
– Merupakan daerah paling misteriys di dunia, karena banyaknya kapal laut dan pesawat terbang yang hilang di perairan tersebut.

Teori tentang misteri Segitiga Bermuda
1. Ada wilayah tertentu di Segitiga Bermuda yang memiliki medan magnet luar biasa kuatnya. Medan magnet inilah yang menyebabkan alat Komunikasi, kompas, dan alat lainnya tidak berfungsi, selain itu medan magnet ini bisa menarik benda yang terbuat dari logam, seperti pesawat terbang dan kapal laut.

  1. Di Segitiga Bermuda ada suatu wilayah yang menjadi lokasi pelengkungan dari dimensi ruang (3 dimensi) ke dimensi waktu (dimensi ke 4) Pesawat terbang dan kapal yang hilang sebenarnya tidak hilang, tetapi dilemparkan ke ruang waktu yang lain, ke masa lalu atau masa depan.
  2. Di bawah perairan Segitiga Bermuda terdapat markas “benda-benda tak dikenal” (UFO – Unidentified Flying Object). Makhluk yang memiliki UFO ini, diduga berasal dari luar angkasa, dan memiliki kecerdasan tinggi. Mereka inilah yang menculik pesawat dan kapal, yang melintas di atas perairan, untuk tujuan tertentu.
  3. Mirip dengan teori ke-3, namun penculiknya bukan lah makhluk yang berasal dari ruang angkasa melainkan manusia dari Benua atlantik. Atlantis adalah Benua yang tenggelam di jaman prasejarah, konon pada waktu itu sudah dihuni oleh manusia berperadaban sangat tinggi. Mereka selamat karena sempat membuat kota di bawah air, sebelum benuanya tenggelam.

Makna 3 di Bali
Masyarakat Hindu Bali mempunyai prinsip-prinsip yang terdiri dari 3 unsur, seperti:
TRIMURTI: Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa sebagai manifestasi Tuhan dalam kekuatan pencipta, pelindung, dan pemusnah.
TRI HITA KARANA (tiga penyebab kebahagiaan): keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, keseimbangan anatara manusia dengan manusia,dan keseimbangan manusia dengan alam.
TRI ANGGA: kepercayaan bahwa setiap makhluk hidup di dunia ini mempunyai 3 tingkatan atau bagian : Kepala : bagian yang paling atas dan sakral
Kaki: bagian paling bawah disebu profane
Badan : Bagian tengah disebut sekunder

Prinsip ini juga dipakai dalam kehidupan masyarakat, seperti:
-Arsitektur : dalam setiap lingkungan bangunan, selalu ada bagian utama/suci (jero), tengah/sedang (jaba tengah) dan luar/tidak suci (jaba)
-Pakaian : kain tenun Bali juga dibedakan atas tiga jenis.
Pria : hiasan kepala = destar, badan = kampuh, kaki = kampuh
Wanita : hiasan kepala=tengkuluk, badan=senteng, bawah=wastra istri

Segitiga Emas dan Bisnis Narkotika Terbesar Asia Tenggara
-Myanmar, Laos, dan Thailand aldah kawasan segitiga yang merupakan daerah bisnis narkotika terbesar di Asia Tenggara, bahkan terbesar di dunia untuk opium.
Tradisi menanam opium di kawasan ini di mulai di Myanmar. Bermula di tahun 1949, ketika tentara Kuomintang terdesak tentara Mao Zedong, hingga akhirnya bermukim di negara bagian Shan, Myanmar. Sebagian dari emreka,s ekitar 6.000 tentara,kemudian memilih bemukim dan hidup dari bertani opium. Tak lama mereka tergusur oleh kelompok Khun Sa, yang kemudian mengembangkan tanaman opium sampai Laos dan Thailand. Tiga daerah inilah yang kemudian dikenal dengan kawasan Segitiga Emas, karena setiap tahunnya terjadi transaksi narkotika bernilai jutaan dollar.
-Khun Sa, yang hanyalah seorang mantan hansip, kemudian menjadi TIGA raja terbesar narkotika di dunia, setelah Pablo Escobar dan Rodriques Orejuela. Dan dalam TIGA tahun terakhir TIGA raja narkotika itupun tertangkap.

Segitiga Senen
-Daerah segitiga yang dibatasi Jl. Pasar senen, Jl. Senen Raya, dan Jl. Kenanga.
-Kawasan ini terkenal dengan “Kelompok Pedaganga Emas Gang Kenanga”-nya. Kelebihan emas buatan mereka adalah kemurnian dan kadar emasnya. Dan bagaimanapun bentuk perhiasan tersebut, pembuatannya tidak ada yang dipatri, sehingga emas buatan toko kenanga ini mudah dijual dimana saja.
-Sampai tahun 1989, daerah Segitiga Senen dihuni sekitar 600 KK, yang kemudian tergusur ketika daerah ini akan dibangun sebagai pusat perdagangan dan perkantoran.
-Pembangunan Segitiga Senen memakan waktu TIGA tahun, dengan memaka biaya TIGA ratus milyar rupiah. Kini di kawasan tersebut berdiri super block lengkap dengan fasilitas pertokoan, perbelanjaan, perkantoran, ruko, serta hotel berbintang. Segitiga Senen dalam bentuk baru tersebut diresmikan tanggal 20 Agustus 1992.

Segitiga bidang yang bersisi 3; jumlah ke-3 sudutnya 180o
Segitiga dan Feng Shui dalam Desain Grafis
Segitiga menurut kepercayaan Cina bermakna api. Jadi perpaduan bentuk segitiga dengan bentuk lain untuk sebauh desain menurut feng shui mempunyai pengaruh tertentu.
-Segitiga dan bujur sangkar (berarti tanah) untuk sebuah desain logo akan membawa keberuntungan karena api cocok dengan tanah.
-Segitiga dan lingkaran (berarti emas) akan merugikan karena ada pertentangan unsur.

Cinta Segitiga seorang Nietzche
Filsuf Jerman paling controversial.

“Membuat orang gelisah adalah tugas saya”, ungkap Nietzche. Dan kegelisahan pun menghampiri kehidupan cintanya. Ia pernah berencana untuk menikahi Lou Salome, seorang novelis cantik dan paling menyenangkan serta cerdas yang pernah dijumpai Nietzche. Lou menerima lamaran Nietzche dengan catatan dia juga diperbolehkan menikahi Paul Rell. Akhirnya Nietzche lebih memilih untuk melanglang sampai akhir hidupnya.

Sumber:
Mahatmanto, pengajar Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur UKDW, jogyakarta
Kompas
Bandem, I Made, prof, Dr, 1996, Mastra Bali, Makna Simbolis Kain Bali, Hartanto Art Books, Bali
Evelyn Up, 1995, Desain dan Feng Shui – Logo, Merek dagang & Signboard, Elex Media Komputindo, Jakarta
Sunardi. St, Nietzhe. Yogyakarta, LKIS 1996

Leave a Reply

Close Menu