Sebuah masyarakat sebuah asal pikiran terbuka … sebuah [aikon!] society

2002_Februari_Edisi 131_Society:
Sebuah masyarakat sebuah asal pikiran terbuka … sebuah [aikon!] society
[aikon!]

Menjelang usia delapan tahun, Yayasan Aikon Media Publik masih terus berupaya menjadi lembaga pelayan publik di bidang dokumentasi dan Publikasi Informasi Kebudayaan dan Lingkungan. Seluruh kegiatan yayasan dititik beratkan pada upaya untuk melayani publik dengan baik, dan semakin baik dari waktu ke waktu.
Saat ini, bentuk layanan publik yang diberikan yayasan adalah melalui: [aikon!] cetak: Majalah bulanan untuk warga kota agar memiliki “smart life style”, yaitu bentuk hidup keseharian yang lebih peduli, peka menghargai proses yang berkaitan dengan masalah-masalah kebudayaan dan lingkungan. Selama ini, keberadaan [aikon!] cetak didukung oleh iklan/sisipan dan langganan, selain oleh dana hibah.

[aikon!] situs: Sumber inormasi kebudayaan dan lingkungan yang lebih luas dan beragam dari [aikon!] cetak, Melalui www.aikon.or.id, berbagai info, agenda acara, direktori, resensi, dan Layanan public lainnya, dapat dengan leluasa dimanfaatkan. Diharapkan, [aikon!] situs dapat memperthankan keberadaannya dengan menawarkan jasa web-update untuk lembaga maupun individu, selain mencari dukungan berupa dana hibah.

[aikon!] data: Mengupayakan pencarian, pengumpulan, pendokumentasian setiap informasi Kebudayaan dan Lingkungan, termasuk menjalin kerjasama dengan lembaga maupun individu yang berminat untuk melayani publik dengan membuka akses informasi yang mereka miliki. Selama ini, keberadaan [aikon!] data didukung oleh dana yang diperoleh dari jasa pencarian data untuk lembaga/pribadi, selain dari dana hibah.

Di samping kegiatan di atas, Yayasan Aikon Media Publik pun memberikan Layanan publik berupa: Berbagi (diskusi ringan tentang berbagai topik Kebudayaan dan Lingkungan), PAGI (kampanye untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat memilah dan mendaur ulang sampah kertas), Lintaseni (menggairahkan minat seniman terhadap kerja dokumentasi, publikasi, dan apresiasi seni). Pemberdayaan Informasi dan Jaringan (mendorong dan membantu lembaga/individu untuk melakukan dokumentasi dan publikasi, antara lain melalui bantuan kepada Abu Ridho, Yayasan Teater Populer, dan Warga Peduli Bangunan Tua), dan [aikon!]tv (program televisi berbagai topik Kebudayaan dan Lingkungan).

Menuju terbentuknya [aikon!] society…
[aikon!] society pada dasarnya adalah sebuah visi dan pendukungnya yang memungkinkan siapa pun untuk memberi sumbangsih pada publik, melalui kegiatan Yayasan Aikon Media Publik, demi tercapainya pemenuhan hak atas informasi bagi seluruh warga negara. Sebuah lingkungan interaktif yang tidak saja mengajak publik untuk “bertindak nyata”, tapi juga turut memantau seluruh kinerja Yayasan Aikon Media Publik agar dapat mencapai visinya.
D iharapkan keberadaan [aikon!] society dapat mengembangkan seluruh kegiatan Yayasan Aikon Media Publik melalui penghimpunan dana publik, yang seluruh pertanggungjawabannya (kegiatan dan keuangan) akan dilaporkan secara terbuka setiap tahun.

Leave a Reply

Close Menu