Scrabble

1996_akhir November _Edisi 057_senggang:
Scrabble

Ingat cerita tentang Teka-Teki Silang pada senggang edidi 55 yang lalu? Nah scrabble ini salah satu permainan yang ide dasarnya diambil dari TTS/olah kata.

Ada 3 nama penting dalam perkembangan Scrabble: Affred Butts, James Bruno, dan Jack Strauss.

Alfred Butts
Ia adalah seorang penggemar permainan olah kata. Pertengahan tahun 1931 ketika terjadi depresi besar Amerika ia terkena PHK. Hal ini justru membuatnya punya waktu lebih banyak untuk mengembangkan permainan olah kata dan melahirkan scrabble.

Dasar permainan scrabble adalah Lexiko, suatu permainan olah kata serupa scrabble, tapi tanpa papan dan tidak membubuhkan nilai pada kotak-kotak hurufnya. Buits berusaha mengembangkan permainan ini dan menawarkannya pada beberapa perusahaan mainan, tapi tak ada satupun yang tertarik.

Perkembangan penting lain dalam kelahiran scrabble adalah mulai dipakainya papan permainan dan pemberian skor pada kotak-kotak yang ada pada papan tersebut. Butts kembali menawarkan permainan ini pada perusahaan mainan, tapi kembali ditolak.

Butts tidak berkecil hati dan terus mengembangkan permainan ini. Antara tahun 1933-1938, ia masih belum berhasil menemukan perusahaan yang mau memproduksi Scrabble.

James Brannot.
Perusahaan besar terjadi pada tahun 1939, ketika Neva Deardorf seorang penggemar permaian olah kata yang diciptakan Butts, memperkenalkan Butts dengan James Brunot. Saat itu mulai diadakan pembicaraan mengenai kemungkinan memproduksi mainan tersebut dengan nama Criss-Creooswords. Sayangnya tidak ada perkembangan lebih lanjut.

Tahun 1946, usai PD II, Butts dan Brunot kembali bertemu dan berencana untuk memulai memproduksi permainan yang pada saat itu mereka beri nama baru: SCRABBLE.

Akhirnya tahun 1949 Scrabble mulai diproduksi secara komersial oleh Butts and his Production and Marketing Company di Counectivut.

Perkembangan penjualan scrabble berjalan lambat. Pada tahun 1949 hanya terjual 2.000 set, 1950 hanya 5.000 set, hingga perusahaan mengalami kerugian. Tahun 1951 penjualan menaik lagi hingga 8.500 set, tapi perusahaan masih belum mencapai titik puas.

Jack Strauss
Tahun 1952 adalah titik cerah bagi perkembangan scrabble hingga pada tahun berikut Brunot berhasil menjual lebih dari 4 ½ juta set per tahun.

Orang yang paling berjasa dalam mempopulerkan scrabble ke seluruh daratan Amerika, bahkan hingga daratan Eropa adalah Jack Strauss penggemar berat scrabble, yang adalah pemimpin Macy’s salah satu departemen store terbesar di New York.

Bersama beberapa temannya, Strauss bermain scrabble pada liburan musim panas dan sekembalinya ke toko, ia terkejut ketika sadar bahwa tokonya tidak menjual permainan tersebut, Macy’s kemudian mengadakan promosi penjualan scrabble besar-besaran hingga seluruh daratan Amerika tergila-gila pada permainan ini.

Tidak hanya Amerika, tahun 1953 scrabble mulai dikenal di Australia, tahun 1954 mulai dibawa ke daratan Inggris, Eropa, dan sejak saat itu scrabble menjadi permainan yang digemari di seluruh dunia.

Sejarah Scrabble, yang dalam bahasa Indonesia berarti membanting tulang atau berjuang sungguh-sungguh, memang penuh perjuangan. Walau perjalanan ke tangga sukses memakan waktu 20 tahun (mulai ditemukan 1931 , diproduksi 1949, hingga sukses 1952) scrabble menjadi permainan yang digemari di seluruh dunia. Bahkan scrabble kini tersedia dalam berbagai bahasa seperti Jerman, Belanda, Arab, Yunani, dan Rusia, Spanyol, dll.

Sumber:
The Scrabble Book, Gyles Brandreth, Mallard Press, New York 1990. Tersedia di Etnobook, Jl. Talaud No. 4 Cideng, Jakarta 10150.021 3846575

Leave a Reply

Close Menu