Rokok Loe Habiskan O2 Gue

Hari pertama.
Pada hari pertama dimana kampanye ini dilangsungkan, kami melakukan banyak kegiatan, diantaranya membagikan kertas poling untuk diisi oleh mahasiswa UNTAR, mengumpulkan suara mereka yang menyatakan mereka setuju atau tidak terhadap kampus UNTAR yang bebas asap rokok. Perlu diberitahu sebelumnya, bahwa kami sudah mempunyai sebagian hasil poling yang sebelumnya sudah diedarkan dari kelas ke kelas, serta sebelum dimulai kegiatan kampanye ini pun kami sudah membuka fanpage di facebook, udarabersihudaraku, untuk menambah dukungan bagi pecinta udara bersih. Berhubung sebelum dimulainya hari kampanye ini kami sudah mempunyai hasil poling, maka kami sudah menempelkan kertas-kertas poling tersebut ke pilar gedung R, dan disusun tempel sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk sebuah rokok. Selain itu, media ambient (pada lift), poster, stiker, pada hari sebelumnya juga sudah disiapkan, sitempel dengan baik.

Pada hari kampanye ini, kami tetap mengedarkan kertas poling untuk diisi oleh mahasiswa UNTAR, dengan harapan memperbanyak suara dukungan terhadap kampanye bebas anti rokok ini. Selain itu, kami juga menyediakan sebuah papan testimonial. Di atas papan ini, diisi oleh suara, testimoni, opini, atau aspirasi dari mahasiswa UNTAR terhadap asap rokok yang ada di kampus. Dengan mengisi papan ini, kami akan memberikan merchandise berupa kipas, untuk perokok pasif, serta permen untuk perokok aktif. Di kipas itu sendiri, terdapat penjelasan kecil mengenai dampak CO2, juga terdapat tulisan “Rokokmu menghabiskan O2 gw” yang menurut kami sangat efektif untuk dipegang dan digunakan oleh perokok pasif, karena selain membantu mereka mengusir asap rokok, juga sekaligus membantu proses promosi kita, yakni menyampaikan pesan bahwa asap rokoknya si perokok itu mengganggu. Untuk permen, kami menyediakan dalam bentuk lollipop, chupachup. Diberikan permen ini untuk perokok aktif, sudah jelas untuk menyadarkannya bahwa menghisap permen itu bisa menggantikan penghisapan rokok, selain itu juga dapat dihisap lebih lama, sehingga merupakan pengganti rokok yang efektif dan murah.
Pengisian papan ini dan pengisian kertas poling dilakukan di lantai dasar gedung R, tepat di sebelah pilar berbentuk rokok tersebut, dengan tujuan agar mahasiswa dan mahasiswi tersebut dapat mengetahui bahwa hasil poling yang mereka isi akan ditempel di pilar tersebut dan akan menjadi bukti bahwa mereka sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampanye ini, tidak peduli mereka setuju ataupun tidak terhadap kampanye ini. Untuk papan testimonial tersebut, diletakkan di dekat pilar juga dengan tujuan agar setelah mengisi kertas poling, mahasiswa dapat segera dengan mudah untuk mengisi papan tersebut jika mereka menginginkannya. Namun, kami tidak hanya berdiam diri di sekitar pilar, lantai dasar gedung R saja, kami juga membagi beberapa anggota kelompok Leci untuk melakukan perjalanan keliling dengan membawa papan ini untuk diisi oleh mahasiswa lainnya. Jadi, kami mempunyai 2 kelompok yang bekerja aktif. Tentu saja tidak lupa dalam proses pengisian papan dan poling tersebut, kami melakukan perekaman dengan videocam, untuk merekam langsung jalannya kegiatan kampanye ini, dari persiapan hingga aksi langsung turun lapangan, serta opini dan pendapat mahasiswa, baik perokok aktif maupun pasif, dan tidak lupa kamera untuk mengabadikan gambar.

Hari Kedua.
Untuk hari kedua, kami tetap melakukan pembagian poling. Pembagian poling dilakukan di lantai dasar gedung R sebelah pilar berbentuk rokok. Pembagian merchandise berupa kipas dan permen tetap dilaksanakan bagi mereka yang mengisi papan testimony tersebut. Untuk hari kedua ini, jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang berpartisipasi lebih banyak, tanggapan dari mereka cukup antusias terhadap kegiatan bebas asap rokok di kampus UNTAR. Papan testimoni juga dibawa keliling gedung R, tidak lupa direkam dengan handycam , untuk merekam langsung pendapat mahasiswa maupun mahasiswi. Namun kami menambahkan wilayah baru untuk kegiatan hari ini, yakni papan testimony tersebut dibawa berkeliling kampus gedung M, tujuannya untuk lebih menguatkan kegiatan kampanye ini dengan harapan dapat mengumpulkan suara lebih banyak lagi bagi yang mendukung kampus bebas asap rokok.

Hari Ketiga.
Ini merupakan hari terakhir untuk kegiatan kampanye kami, dimana kami juga melakukan proses pengisian papan yang dibawa keliling gedung R, maupun yang menetap di sebelah pilar bentuk rokok lantai dasar gedung R. Karena masih banyak mahasiswa serta mahasiswi yang aktif mengisi kertas poling serta papan testimoni, maka kegiatan tersebut tetap dilaksanakan hingga menjelang sore. Berhubung ini merupakan hari terakhir, maka proses penempelan kertas poling pada pilar dilengkapi hingga membentuk utuh sebuah pilar berbentuk rokok (sebelumnya masih ada bagian yang kosong, karena belum semua kertas poling terisi), selain itu juga dilakukan penghitungan jumlah total kertas poling yang sudah terisi.

Leave a Reply

Close Menu