RAGUNAN

1995_akhir Juli_Edisi 025_funtype:
RAGUNAN

Gajah Sumatera (Elephant Maximus Sumatera) hidup terbatas di Sumatera dan bagian utara Kalimantan. Ia sering membuat marah penduduk desa dengan menginjak-injak tanaman mereka ketika mencari makanan di habitatnya yang kian mengecil. Gajah Asia lebih kecil bila dibandingkan dengan gajah Afrika, di keningnya ada dua tonjolan, memiliki empat- lima jari kaki gajah Afrika hanya tiga)

Walau dilindungi hukum, jumlah Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrensis) hanya tinggal 600 – 800, sebagian mati karena dijebak demi kulitnya. Harimau Bali bahkan telah punah, dan Harimau Jawa terakhir terlihat tahun 1979. Harimau Sumatera memerlukan wilayah hutan bebas gangguan yang luas, mangsa yang cukup untuk berkembang biak.

Malu-malu (Nycticebus councang) adalah seekor promosian, kelompok primitive dari primate, dan ditemukan di Asia Tenggara, Malaysia, Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Bergerak sangat lamban dan berhati-hati di pepohonan, kadang-kadang memanjat dengan muka menghadap kebawah. Walau dilindungi hukum, Malu-malu sering dijumpai dijual di Jakarta

Terbesar diantara seluruh badak, badak mulut lebar (Ceratotherium simum) hanya ditemukan di daerah padang rumput Afrika. Pernah diduga musnah 100 tahun lalu, tapi ada beberapa ditemukan di Afrika Selatan, dan berusaha “Operasi Badak” berhasil muncul kembali. Kini Badak Mulut Lebar adalah satu-satunya spesies badak yang dianggap jauh dari bahaya kemusnahan.

Diambil dari:kebun binatang RAGUNAN ZOO Jakarta Indonesia – Kebung Binatang Ragunan

Leave a Reply

Close Menu