Peringatan hari Aids Sedunia 1 Desember

1996_mula Desember _Edisi 058_peduli:
Peringatan hari Aids Sedunia 1 Desember

One World, One Hope
Pada Desember 1996 ini, seluruh dunia akan memperingati hari AIDS untuk yang ke-9 kalinya. UNAIDS telah memilih tema One World One Hope (Satu Dunia, Satu Harapan). Kebetulan tema ini menjadi tema pada konferensi AIDS Internasional yang ke IX di Vancouver 7-12 July 1996

Tema tersebut memberi penekanan pada suatu kebutuhan dari semua orang tanpa memandang perbedan untuk bekerjasama menghadapi epidemic AIDS, serta menangulangi dampaknya.

Satu Dunia : Solidaritas atas Keprihatinan Bersama

Tak ada seorangpun atau negarapun yang bebas dari epidemic HIV?AIDS. Meski berbeda benua, budaya, ekonomi dan sosial semua orang dapat terinfeksi HIV. UNAIDS mengestimasikan lebih dari 20 juta orang kini hidup dengan HIV/AIDS dan lebih dari 5 orang terinfeksi setiap hari. Dikebanyakan negara, rumah sakit dipenuhi dengan pasien AIDS, industry kehilangan banyak tenaga kerja potensial, banyak anak ikut terinfeksi dari orang tua atau menjadi yatim piatu.

HIV/AIDS adalah masalah global yang tidak dapat ditanggulangi dengan mengisolasi diri karena mobilitas penduduk sangat tinggi. Untuk itu perlu penanganan yang bersifat global. Banyak negara miskin membutuhkan dukungan dari negara kaya. Sebaliknya negara kaya mendapat pelajaran yang bernilai dari negara miskin, misalnya : strategi yang efektif dan efisien dll.

Satu Harapan : Aspirasi yang Sama dari Seluruh Dunia

Semua orang dari seluruh dunia mendambakan obat, pengakhiran praktek kemiskinan diskriminasi/penolakan. Meski kenyataan tersebut masih jauh dari yang didamba, namun harus tetap optimis. Demikian diungkapkan oleh Dr. Peter Piot, Executive Director of UNAIDS

Kini telah terbukti bahwa hidup berdampingan dengan pengidap HIV adalah aman. Beberapa obat untuk gejala yang muncul juga telah ditemukan. Dinegara Eropa Barat beberapa infeksi HIV baru dapat distabilisir bahkan ditekan. Partisipasi pemerintah untuk melindungi hak asasi juga mulai tumbuh. Masyarakat juga sudah mulai bergerak.

Respon epidemic HIV/AIDS ini harus terus ditingkatkan baik cakupan, kualitas maupun penyediaan dana.

Partisipasi rekan-rekan untuk peringatan hari AIDS 1996 di Indonesia masih diharapkan.
Sumber : Yayasan Citra Usadha Indonesia

Leave a Reply

Close Menu