Percetakan di Gang Cilik

Dari sang ayah, Oom Ki Hauw memperoleh ilmu soal cetak mencetak. Ia meneruskan usaha percetakan ayahnya itu yang konon dimulai sejak tahun 1900-an. Anak-anaknya sekarang tidak ada mau meneruskan, sehingga mesin-mesin yang masih kokoh terjaga oleh pelumas dan penutup plastik itu diam mengumpulkan debu.

Semua mesin cetaknya menggunakan tenakan kayuh, injak, atau putar. Tidak pakai listrik. Huruf-huruf timah dari ukuran enam ‘pun’ (sebutan jaman dulu untuk ukuran besar huruf: ‘point’) sampai 24 ‘pun’ masih berada di tempatnya – di laci-laci tipis dalam lemari kayu jati yang berjejer sepanjang dinding.

Nama usaha keluarga ini adalah Percetakan Juwana. Dulu satu-satunya percetakan di Kota Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sejak awal, usaha ini berada dalam rumah berdinding kayu di sebelah sebuah jalan kecil yang pernah ‘heboh’ oleh ‘kerusuhan’ geng Nero. Furnitur, perlengkapan kantor, dan atribut cetak mencetak masih lengkap menunggu energi baru yang mau mengaktifkannya.

This Post Has 7 Comments

  1. waduh!untuk mahasiswa yang sudah terbiasa dengan teknologi digital, berkunjung ke percetakan ini pasti akan menjadi pembelajaran yang sangat menarik. Terima Kasih banyak aikon!

  2. Unik dan tentunya sangat jadoel.. tapi disitulah letak hebatnya orang dulu.. sangat teliti dan sabar. Gak kayak sekarang main grasa grusu.. Percetakan RumahCetak

  3. waduhhh percetakan seperti ini yang saya cari-cari selama ini saya pengen belajar teknik letter press kaya gini di Bandung rasanya udah ga ada yang punya mesinnya kecuali kampus ITB.. makasih mas rico infonya.. kapan-kapan saya bisa liburan ke Juwana, Pati dan belajar teknik ini.. sekali lagi makasih banyak buat infonya..

  4. hai salam kenal,
    kebetulan saya adalah graphic designer yang tinggal di jakarta tapi ber kampung halaman di pati, saya lagi research letterpress untuk kebutuhan typography workshop saya, boleh minta alamat atau no telp yang bisa dihubungin untuk percetakan juwana?
    boleh di balas di email saya dimxel@gmail.com atau di nomer hp saya 081287388336,
    terima kasih banyak sebelumnya..

    Dimas,

  5. Halo aikonia,

    Saya tertarik untuk mengunjungi percetakan juwana ini. Boleh minta alamat / kontaknya? terimakasih

Leave a Reply

Close Menu