pengamatan burung

1996_akhir Desember _Edisi 059_senggang:
pengamatan burung

Pengamatan Burung adalah salah satu alternative wisata yang dapat dilakukan apabila Anda adalah penggemar wisata alam. Dalam pengamatan burung Anda dapat mengamati berbagai jenis burung dengan segala keindahannya. Untuk membedakan jenis-jenis burung dapat dilihat dari bentuk tubuh, warna, cara terbang, bahkan dari cara mereka bernyanyi.

Ada beberapa tempat pengamatan burung di Indonesia. Anda dapat melakukannya sendiri atau meminta perusahaan jasa wisata alam untuk menjadi penunjuk wisata ini.

Muara Angke-Jakarta Utara
Merupakan daerah transit bagi 30 jenis burung, yang kebanyakan berasal dari daerah subtropik. Mereka singgah untuk beristirahat dalam perjalanan migrasi rutinnya. Para pengamat burung dapat menikmati keindahan burung-burung ini sambil menyusuri Sungai Angke, atau meneropong dari menara yang tersedia. Waktu pengamatan yang paling baik bulan September hingga Februari, karena pada bulan itulah beragam Janis burung tersebut tengah menjalankan siklus migrasinya.

Pulau Rambut-Kepulauan Seribu
Pulau ini merupakan sarang dan tempat berkembang biak burung. Bahkan habitat terbesar dari burung Bangau di Pulau Jawa. Sepanjang perjalanan menuju Pulau Rambut Anda dapat menikmati ekosistem dari hutan bakau.

Gunung Gede-Taman Nasional Pangrango
Tak banyak orang tahu bahwa di taman nasional tertua ini, Anda dapat juga menikmati kicauan burung dan indahnya warna-warni sayap mereka. Waktu terbaik untuk pengamatan burung adalah pada bulan April-Agustus.

Pulau Dua-Banten
Pulau ini merupakan satu-satunya tempat di mana Anda dapat menemukan Burung Ibis. Selain itu Anda juga dapat menemukan ribuan jenis burung lain seperti Bangau, Jalak, bahkan Elang.

Bali Bird Park
Taman Burung ini didirikan konservasi untuk burung langka dan tempat pengembangbiakan burung, seperti Bali Mynah (dikenal dengan sebutan Burung Tiung), Burung endemik Pulau Bali ini diperkirakan jumlahnya kurang dari 20 ekor lagi. Namun, dalam tahun pertama saja pengelola Bali Bird Park telah berhasil menetaskan 6 ekor Bali Mynah.

Jika ada banyak tempat di mana Anda dapat menikmati keindahan burung di alam bebas mengapa Anda tidak mencoba datang ke tempat tersebut,?

Leave a Reply

Close Menu