Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Generasi Peka Lingkungan

2001_Oktober_Edisi 129_Sekitar Kita:
Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Generasi Peka Lingkungan
Rohman Yuliawan

Kepekaan dan kesadaran permasalahan lingkungan hidup idealnya ditanamkan sejak dini, Muatan materi lingkungan hidup bisa diintegrasikan ke dalam materi pendidikan formal atau ditularkan lewat kegiatan partisipatif yang mendorong tumbuhnya rasa cinta dan kepedulian pada permasalahan lingkungan. Langkah semacam itulah yang tengah dijalankan oleh Yayasan Hijau melalui program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) bersama beberapa lembaga lain yang tergabung dalam Jaringan Pendidikan Lingkungan DIY. Program tersebut telah berjalan lebih kurang satu tahun.

Metode penyampaian pesan diantaranya dengan menyisipkan dalam materi perjalanan tertentu dan program Alamku Hijau, yaitu dengan mengajak murid-murid SD untuk melatih kepekaan pada lingkungan dengan berkegiatan di alam bebas. “Ada beberapa tahapan pemberian materi lingkungan hidup. Yang pertama adalah metode penanaman afeksi anak pada alam, kemudian dilanjutkan apresiasi dan yang terakhir bagaimana anak mengaktualisasikan tumbuhnya kesadaran dan kepekaan diri pada permasalahan lingkungan hidup” terang Rahmat Melir Subiyanto, coordinator PLH.

Di sisi lain, guru dipandang sebagai mediator yang berperan besar dalam menumbuhkan kesadaran anak didik, karena itu dikembangkan pula jaringan antar guru yang berupa forum diskusi untuk mempersatukan langkah dan visi.

Leave a Reply

Close Menu