Pemusik Underground Jaringan

1996_akhir Oktober _Edisi 055_bahas:
Pemusik Underground Jaringan

Indi Label adalah sebuah contoh dari fenomena keberhasilan pemusik underground yang ditunjang dengan adanya jaringan. Ketika produser rekaman tidak percaya pada karya mereka, jaringan memungkinkan mereka untuk tetap berkarya.

Biasanya diawali dnegan tempat berkumpul yang menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah grup dan jaringan pertemanan. Lalu dengan memanfaatkan jaringan yang ada mereka mulai latihan menggunakan studio musik milik teman. Dari teman-teman tadi mereka menerima tawaran untuk manggung. Pentas dilakukan di sekolah-sekolah, bazaar-bazaar, kampus-kampus, sampai dana untuk merekam album terkumpul. Bila mereka beruntung akan ada produser rekaman yang merilis album mereka, bila tidak mereka harus merilis dan memasarkan sendiri.

Bagi grupp musik yang belum beruntung ini, membangun jaringan dengan stasiun radio jadi suatu kebutuhan. Stasiun radio akan membuka jalan bagi sebuah grup musik dnegan memperdengarkan karya mereka kepada pendengar. Biasanya bila respon pendengar baik, barulah produser rekaman mau mengulurkan tangannya.

Tapi radio bukan satu-satunya pranata dalam jaringan Indi Label, media cetak pun dapat berperan, misalnya dnegan menulis tentang grup musik tersebut. Tidak hanya itu, Pure Saturday pernah memasarka kasetnya melalui mail order dengan bantuan salah satu majalah remaja, sebelum pada akhirnya mereka ditarik oleh perusahaan rekaman.

Jaringan bisa dibentuk untuk memperkuat kelompok-kelompok kecil dan memungkinkan mereka untuk tetap eksis dan berkarya.

Leave a Reply

Close Menu