Panyawangan

1996_akhir November _Edisi 057_santap:
Panyawangan

Rooftop Revolving Restaurant
Konon dalam sejarah tanah Pasundan terdapat nama Panyawangan, yang artinya adalah menara tinggi di sawah yang dipakai petani untuk mengawasi sawahnya dengan pandangan tak terhalang. Kini nama Panyawangan berarti Anda dapat menyantap makan malam sambil duduk dan menikmati keindahan kota Bandung, tanpa harus menengokkan kepala ke kanan dan kiri.

Nama panyawangan yang disebut terakhir adalah nama salah satu restoran di Hotel Panghegar, Bandung, Panyawangan, Rooftop Revolving Restaurant. Restoran berputar yang pertama kali ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Ide pendirian restoran ini di dapat ketika Presiden Direktur PT. Panghegar, Bapak Ruhiyat berkunjung ke Jepang tahun 1979 dan makan malam di New Otani’s Rooftop Revolving Restaurant. Dengan mempertimbangkan kapasitas yang dimiliki Panghegar dan keindahan kota Bandung tahun 1984 berdirilah Panyawangan Rooftop Restaurant (PRR) di lantai 9 yang merupakan puncak bangunan Hotel Panghegar.

Keunikan Panyawangan Rooftop Restaurant adalah berputarnya keseluruhan bangunan gedung, mulai dari lantai, diding, dan atap restaurant. Bagian yang tidak berputar hanyalah ruang tengah restoran, dan ruang tunggu pelayan. Sementara di restoran berputar lain di Stutgart dan Jepang hanya lantai tempat duduknya saja yang berputar. Dan yang istimewa lagi adalah beberapa masakan dan minuman sajian secara Flambe Specialities, di mana masakan dimasak di depan para tamu.

Yang manarik dari proses pembangunan PRR adalah restoran ini dirancang sendiri oleh Bapak Ruhiyat mulai dari mekanisme perputaran ruangan hingga pelaksanaan pembangunannya. Kalaupun ada bantuan ahli profesional adalah dalam perhitungan konstruksi dan detil gambar teknisnya.

Sejak buka 1984, PRR mengalami 2 kali renovasi. Tahun 1985 diadakan renovasi pertama, mulai interior hingga menu. PRR yang tadinya menyediakan menu buffet untuk makan siang dan malam, setelah renovasi hanya buka pada malam hari dengan menu ala carte. Tahun 1994, PRR direnovasi kembali mulai dari interiornya hingga menu dan service yang diberikan. Menu-menu yang tersedia:
Hidangan pembuka: Oxtail Concomme Soup, Norwegian Smoked Salmon, Snails Burgundy Style.
Hidangan utama: Alaska Salmon Steak, Medallion of Veal with Morrel Sauce, Lamb Fille in Tarraon Sauce.
Hidangan penutup: Crepes, Suzette, Bandung Surprise Cherries Jubilee.

Untuk reservasi hubungi:
panyawangan rooftop restaurant
hotel panghegar, Jl. Merdeka No. 2 Bandung
Telp. (022) 43286 ext. 8124 Toll Free: 0-800-22-112

Leave a Reply

Close Menu