Pak Kinong Tabib Plus-plus

Kemarin saya mampir ke rumah dosen desain komunikasi visual garis lurus Arief Adityawan. Di seberang kediamannya, pak Kinong, pak Ari, dan pak Yadi sedang merakit dua mesin bemo. Satu untuk pelanggan di Cikeas, yang lain untuk bemo di Tangerang. Selain mengoprek, pak Kinong sedang memberi konsultasi pada pelanggan yang jauh-jauh bermotor dari Parung.

Mulai dari baut, mur, gir, sampai blok mesin bemo terurai di atas paving block, di bawah pohon mangga. Mereka bertiga sedang merakit dua mesin bemo yang baik blok, maupun komponennya, sudah di rekondisi atau diganti dengan yang baru.

Pak Kinong memang fenomenal. Sejak 1980an beliau erat hidupnya berhubungan dengan bemo, kendaraan transportasi masal beroda tiga itu. Kini 2020, bemo telah menjadi langka dan menjadi mainan bagi banyak orang yang suka bernostalgia. Banyak pelanggan minta pak Kinong untuk ‘menyehatkan’ bemo-bemo mereka.

Profil pak Kinong (Sutino) dapat banyak ditemukan di media massa digital. Beliau pernah diundang pak presiden Jokowi ke istana, pernah diumrohkan oleh sebuah stasiun televisi swasta sambil mengisi suatu episode sinetron, pernah berhiat di program BemoBaca.

Sebagai tabib bemo, pak Kinong melayani pelanggan dengan menyediakan jasa servis, rebuild -bangun kembali, sampai mencarikan komponen-komponen yang sudah langka.

Selain sebagai tabib bemo, pak kinong ternyata juga orang yang dapat menyembuhkan penyakit manusia. Kemarin beliau menyodorkan Jamu Tangkur Ginseng, setelah mendengar bahwa ada yang berkeluh soal pegal linu menjurus ke sakit asam urat.

Sebenarnya pak Kinong hanya dititipi kenalannya untuk menjual jamu itu. Beliau menguji khasiatnya dengan meminumnya sendiri untuk mengetahui khasiatnya. Pak Ari dan pak yadi pun dibagi. Hasilnya “tokcer” kata mereka bertiga. Setelah teruji, pak Kinong menganjurkan saya untuk meminumnya, orang yang saat itu sulit mengangkat beban, maupun mengangkat tangan kanannya.

Walau agak terganggu dengan visual kemasan yang nampak heboh, siang itu saya minum langsung dari botolnya.. dua tiga tenggak, kemudian minum air putih sebanyak-banyaknya, agar larutan berwarna coklat berasa mendekati arak, sedikit pedas dan gurih itu larut.

Sore khasiat Jamu Racik Special Jawa Asli itu sudah rasakan. Tangan saya mulai beroperasi normal. Bersyukur. Terima kasih pak Kinong.

Pak Kinong memang fenomenal. Ada banyak cerita, pengetahuan, kesulitan, dan kemampuan ada padanya. Lengkap! Semoga beliau selalu sehat dan diberi kemudahan yang kontemporer.

Leave a Reply

Close Menu