menulis dengan menggunakan pictograph: Piktografi

1996_awal Oktober _Edisi 054_bahas:
menulis dengan menggunakan pictograph: Piktografi

Mereka berkomunikasi dengan gambar. Sejak ribuan tahun yang lalu pesan disampaikan dengan menggunakan-gambar, tanda, atau lukisan. Tulisan seperti yang kita kenal saat ini baru muncul ketika ditemukan symbol yang disepakati bersama dan dapat dipakai mereproduksi pikiran dan perasaan yang ingin di sampaikan penulisnya.

Selama setiap gambar mewakili suatu makna yang disepakati masyarakat pemakainnya, maka gambar tersebut menjadi alat komunikasi yang kemudian disebut piktografi.

Cara perlambangan seperti ini hanya dimungkinkan untuk objek yang dapat dilihat dan digambarkan kemabli. Seperti sapi yang dilambangkan dengan gambar kepala sapi (a), atau wanita yang dilambangkan dengan segitiga yang menggambarkan kemaluan wanita (b).

Konon suku-suku bangsa di dunia sudah menggunakan gambar sebagai alat komunikasinya seperti di Indian Amerika, dan secara untuk dikembangkan menjadi sistem penulisan yang disebut hieroglyphic, seperti Mesir Kuno, Cretans, Hitties.

Tulisan ini ada sejak jaman paleolitik yang ditemukan di batu-batuan, gua, Gambar manusia, hewan merupakan bentuk yang sering digunakan sebagai symbol komunikasi.

Awalnya tulisan yang ditemukan adalah mengenai pencatatan hasil-hasil pertanian dan peternakan. Seperti sebuah tablet milik Bangsa Uruk yang berasal dari abad SM. Tulisan di tablet itu berisi tentang jumlah beras dan banyak ternak yang mereka miliki.

Lalu Bangsa Sumeria mengembangkan cara penulisan untuk gagasn abastrak dnegan memakai lambing dari akta yang berbunyi sama. Seperti panah yang dalam bahasa Sumeria berbunyi sama dengan kehidupan (ti) maka kehidupan kemudian dilambangkan dengan gambar panah. Cara pelambangan seperti ini dinamakan fonografi.

Munculnya Alfabet
*Alfabet yang kita kenal sekarang dikembangkan Bangsa Siria pada abad 14 SM, yang mukanya hanya berjumlah 22 lambang.
*Dinamakan alfabet dari dua huruf pertamanya Alfa dan Beta.
*Pada awalnya alfabet hanya terdiri atas konsonan, tidak memuat vocal.
*Kemuculan alfabet mempermudah manusia dalam berkomunikasi,
Dahulu untuk mengerti suatu tulisan kita harus tahu dulu suatu gambar merepresentasikan apa. Misalnya untuk membaca aksara Cina kita harus menghapal ratusan gambar. Kini hanya dengan 26 huruf kita bisa membaca apapun.

Leave a Reply

Close Menu