Mengkaji Sumber Daya Laut Indonesia

2001_Juli_Edisi 126_Sekitar Kita:
Mengkaji Sumber Daya Laut Indonesia
Rohman Yuliawan

Indonesia sesungguhnya memiliki potensi sumberdaya kelautn yang sangat besar, hanya saja sampai saat ini belum diolah secara baik dan bijak. Negara kita terdiri dari 17.508 pulau dengan wilayah laut seluas 5,8 juta km2 dan terletak di wilayah Indopasifik yang merupakan pusat keanekaragaman hayati lautan. Bermacam-ragamnya budaya masyarakat pantai serta lalu lintas perairan internasional yang melintasi Indonesia menjadi potenisi non-hayati yang melengkapi kekayaan laut negara kita.

Namun patut disayangkan pengelolaan sumberdaya bahari yang demikian besar tersebut masih belum optimal. Yang terjadi adalah perusakan, overeksploitasi, sumberdaya yang belum termanfaatkan dan upaya pelestarian yang tidak terintegrasi mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas sumberdaya bahari Indonesia. Pencarian ikan dengan cara yang tidak mempedulikan kelestarian lingkungan, penjarahan terumbu karang, penceamaran laut akibat limbah industri hanyalah sebagian ulah manusia yang mengakibatkan pudarnya aneka warna kekayaan laut nusantara.

Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu institusi yang memiliki sumber daya intelektual dalam bidang kelautan tergerak untuk berperan dalam upaya pengelolaan dan pengembangan sumberdaya serta teknologi bahari. Berdasar Surat Keputusan Rektor UGM No. 71/J0/OT?99 didirikanlah Pusat Studi Sumberdaya dan Teknologi Kelautan UGM (PUSTEK UGM) yang menjadi wadah pakar-pakar kelautan untuk mengkaji sumberdaya bahari negara kita.

PUSTEK UGM
Bulaksumur A-4 Yogyakarta 55281
p: (0274) 902 835, f: (0274) 521 123
e: nizam@yogya.wasantara.net.id

Leave a Reply

Close Menu