Memilih Pohon Tinggi untuk melestarikan Hutan Tropis

1996_mula Desember _Edisi 058_rupa-rupa:
Memilih Pohon Tinggi untuk melestarikan Hutan Tropis

‘Kami butuh sesuatu yang dapat membuktikan bahwa Hutan Tropis terlalu berharga untuk dirusak,” ujar Illar Mull kepada National Geographic.

Bergabung dalam wadah Integrated Conservation Research, ia membangun jembatan gantung di pohon yang mempunyai keringgian sekitar 45 meter di hutan kawasan Cina Selatan, tepatnya di Propinsi Yunan. Jembatan gantung yang dibiayai oleh National Geographic tersebut berdiri sejak tahun 1989. Dan sejak itu pula, para pelancong di Kawasan Konsevasi Mengla dapat berjalan di jembatan sepanjang 350 meter dan menikmati kerindangan hutan dipteocarp, sejenis pohon khas Asia yang populasinya terus terancam karena kegiatan penebangan.

Dari ketinggian pohon, para pelancong dapat mengintip kehidupan para penghuni hutan, seperti kera, rangkong, dan satwa lainnya, yang sebenarnya kehidupan mereka pun terancam oleh para pemburu.

Dengan pendekatan seperti itu- memberikan sebuah pemandangan alam yang luar biasa indah- Illar Muul berharap masyarakat luas akan sadar bahwa hutan Tropis perlu dilindungi. Tidak hanya di kawasan Cina, tapi di seantro bumi. Karena itu, proyek jembatan gantung ini pun didirikan di Malaysia, Ghana, Peru, dan Costa Rica. Kapan dibuat di Kalimantan dan Sumatera?

Sumber: National Geographic, Vol 189 No.3 Maret 1996

Leave a Reply

Close Menu