Meditasi ketenangan yang menyembuhkan.

2000_Februari_Edisi 109_gaya:
Meditasi ketenangan yang menyembuhkan.
Uke R. Kosasih

Ada banyak cara ditempuh orang untuk memperoleh kualitas hidup yang lebih baik, salah satunya yang tengah banyak diminati adalah melalui meditasi, sebuah upaya mencapai keadaan sadar dan waspada dalam ketenangan dan keseimbangan pikiran.

Meditasi tidak selalu harus dikategorikan sebagai kegiatan religius. Transcendental Mediataion ™, misalnya, banyak dilakukan orang dari berbagai bangsa dan agama. TM adalah sebuah versi dari yoga yang diperkenalkan ke dunia Barat oleh Maharishi Mahesh Yogi pada akhir tahun 60-an.
Di kalangan umat Kristen pun dikenal sebuah teknik meditasi yang diciptakan oleh Ignatius Loyola, pendiri jesult, yang mendorong umatnya untuk menggunakan pikiran, terutama imajinasi mereka dalam membayangkan kehidupan Yesus Kristus.

Salah satu meditasi adalah nadbrahma, sebuah teknik mengeluarkan dengungan dari mulut (huming) yang merupakan teknik kuno dari Tibet yang dapat menciptakan getaran seluruh tubuh dan gerakan tangan berpusat di pusar.
Pernafasan menjadi bagian penting dalam meditasi. Konsentrasi untuk memperhatikan keluar masuknya nafas dari hidung jadi andalan para pengajar meditasi karena dianggap dapat menembus dinding perbedaan agama. Dengan demikian, para peserta dari agama apa pun dapat melakukannya tanpa harus mengucapkan doa dari agama tertentu. Selain itu, pernafasan pu diyakini sebagai pembuka gerbang bagi konsentrasi, kesadaran, dan kebijaksanaan.
“kemungkinan besar meditasi berasal dari kata latin, medeni, yang berarti “sembuh”.

Sebuah hasil penelitian yang berlangsung pada tahun 1998 oleh tim peneliti Universitas Udayana dan RSUP Sanglah pimpinan Prof. Dr. dr. Luh Ketut Suryani, memperlihatkan bahwa meditasi relaksasi dapat membantu penyembuhan penderita diabetes tanpa tergantung pada insulin. Meditasi relaksasi dapat membantu penyembuhan penderita diabetes tanpa tergantung pada insulin. Meditasi relaksasi ini membantu penderita mencapai homeostatis, suatu keseimbangan dalam tubuh dimana regulasi tubuh, yaitu sitem saraf otonom, endokrin, dan daya tahan tubuh,berfungsi maskimal sehingga dapat melakukan penyembuhan sendiri.

Berbeda dengan pengobatan medis, yang didasarkan pada riset dan hasilnya digunakan secara seragam bagi banyak orang, meditasi untuk penyembuhan lebih menekankan kepada kondisi individual dengan memperhitungkan perbedaan yang dimiliki oleh setiap menusia atas medis yang dilengkapi dengan terapi meditative menghasilkan penyembuhan maksimal.

Pada tahun 1997, sebuah studi yang diterbitkan dalam American journalof Health, menemukan ada 30 perusahaan asuransi di Amerika Serikat yang meluluskan pembayaran bagi sebuah bentuk pengobatan alternatif.
Tempat meditasi paling banyak peminatnya antara lain adalah Anand Ashram yang dikelola Anand Krisnha di Sunter, Jakarta Utara, Merta Ada di Sanur, Bali, dan Brahma Kumaris yang dikelola Yayasan Studi Spiritualitas di Jakarta.

Leave a Reply

Close Menu