Malioboro menggambar

Generasi muda saat ini dirasa tak lagi mau dan mampu mengenal para pahlawan yang telah berjasa bagi bangsa dan negara dengan mengorbankan jiwa dan raganya dalam merebut kemerdekaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 0734 Yogyakarta, Letkol inf. Arudji Anwar saat jumpa pers kegiatan Jogja Wall Nation ‘Malioboro Mural Night Competition’ di Balaikota Yogyakarta, Kamis (5/11).

“Sekarang ini di kamar-kamar pemuda tak ada lagi gambar-gambar pahlawan yang dipasang. Yang ada malah gambar tokoh-tokoh luar negeri yang tidak berjasa bagi bangsa Indonesia,” terangnya.

Hal tersebut diketahui oleh Arudji ketika pihaknya melakukan penggeledahan sebagai di sejumlah rumah koz di Yogyakarta terkait antisipasi aksi teror yang belum lama ini terjadi.

Oleh karena itu, dalam memeringati Hari Pahlawan 2009, Arudji menggagas sebuah kegiatan yang diharapkan mampu menumbuhkan rasa bela negara, serta kembali mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur.

“Pemuda butuh kegiatan yang aplikatif. ‘Malioboro Mural Night Competition’ nanti diharapkan mampu menghidupkan kembali roh Panglima Besar Jenderal Sudirman melalui kompetisi mural,” katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, citra seni coret-coret atau mural sebagai hal yang kurang terpuji harus segera digeser. Menurutnya, mural harus juga dilihat dari sisi positif.

“Kompetisi mural ini akan mampu menjadi wadah yang tepat bagi mereka yang mempunyai potensi seni mural untuk menyalurkan dan mengembangkan kreativitasnya dengan cara yang benar,” ujarnya.

Untuk memeringati Hari Pahlawan nanti, Dandim, bekerjasama dengan Pemkot, DPRD, Kepolisian, dan pihak lain akan menggelar Jogja Wall Nation ‘Malioboro Mural Night Competition’pada Minggu dini hari mulai pukul 00.00 WIB di sepanjang Jalan Malioboro.

Nantinya, pelaksana kegiatan, Sieben Production akan memberikan media berupa tripleks yang akan memuat karya bomber dalam menuangkan kreativitas mereka dalam merespon tokoh pahlawan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Rencananya, diharapkan sekitar 1.000 peserta akan menyelesaikan melukis pada pukul 03.00 WIB, untuk selanjutnya panitia akan memajang seluruh karya tersebut di sepanjang Jalan Malioboro selama sepuluh hari.

Tepat jam 00.00 dini hari minggu serentak menggambar dalam rangka perlombaan wallnation di jogya di jalan malioboro di bawah hujan rintik dan gelapnya malam…seru dan dipamerkan dipagi harinya disepanjang jalan malioboro

12pameran

Leave a Reply

Close Menu