Lokomotif

1996_akhir September _Edisi 053_bahas:
Lokomotif
Yudi

Lokomotif uap : ditemukan tahun 1804 oleh Insinyur Inggris Richard Trevithick. Selama 150m tahun lebih kereta lokomotif uap merupakan alat angkutan terpenting di dunia. Cara kerjanya: pada lokomotif uap terdapat ketel berisi air menjadi uap. Kemudia uap tersebut mengembang dan menggerakkan sebuah torak mundur maju di dalam silinder. Gerak torak itu akhirnya memutar roda lokomotif.

Lokomotif listrik: Lokomotif pertama adalah buatan Simens, Jerman tahun 1879. Loko ini menerima tenaga dari kawat listrik di atas sepanjang rel kereta. Loko ini berkecepatan 7 km/jam dan menarik sebuah kereta berisi 18 penumpang.

Lokomotif diesel: loko ini menggunakan bahan bakar minyak diesel. Lokomotif diesel pada umumnya tidak sekuat lokomotif listrik, akan tetapi tidak memerlukan kawat listik di atas rel ataupun rel khusus.

Loko-nya George Stephenson, Bapak Kereta Api
tahun 1804, Trevithick membuat lok kereta api pertama di dunia. Tetapi lok itu terlalu berat dan mudah keluar rel. begitu juga pada tahun 1812, Blenskinsop membuat lok kereta api. Tetapi lok itu sangat lambat dan sulit dikendalikan. Melihat dua kali kegagalan dalam pembuatan lok kereta api, sementara George Stephenson seorang juru mesin timbang batubara untuk mencoba membuat sebuah lok baru. Setalah dua tahun berkutat membuat lok kereta api, akhirnya pada tahun 1814 muncul sebuah lok kereta api ciptaan George, pria kelahiran Newcastle tahun 1781., yang diberi nama Blucher. Ketika diuji coba, ternyata lok ini mampu menarik 8 gerbong kereta yang berisi 30 ton abut bara dnegan kecepatan 6,4 kilometer perjam. Hal ini tentu saja mendorong semangat George untuk menciptakan lok kereta yang lebih baik lagi. Tujug tahun kemudian, muncul sebuah lok baru yang diberi nama Locomotion oleh George. Selang beberapa tahun muncul lagi secara berturut-turut lok-lok baru dnegan nama Atlas, Patentee dan Rocket. Sebutan sebagai Bapak Kereta Api terjadi ketika George membuat jalur kereta api batu bara dari Stockton ke Darlington pada tahun 1821-1825 (Yudi)

Leave a Reply

Close Menu