LHC: world inc. at its best?

Dari majalah Newsweek edisi 15 September 2008 lalu, saya baru mengetahui adanya sebuah mega project di dunia ini dalam arti kata sebenarnya.

0508014_03.jpg

Large Hadron Collider (LHC) Project berada di perbatasan Swiss dan Perancis melibatkan lebih dari sembilan ribu peneliti dari banyak negara di dunia. Dikoordinir oleh The European Organization for Nuclear Research (CERN), proyek ini telah menggali terowongan berdiameter 27 kilometer, 175 meter ke dalam tanah, dan menghabiskan tidak kurang dari delapan Milyar Dolar Amerika, untuk menemukan partikel hipotetik Higgs, yang konon jauh lebih kecil dari atom, serta mengetahui partikel-partikel baru lainnya yang mungkin ada. Info mengenai LHC, antara lain dapat ditemui disini atau versi LIPI nya disana.

Saya kagum, bagaimana sebuah keinginan bersama, dapat menggerakkan manusia sedemikian banyak untuk ‘sinkron’ dalam melakukan sesuatu. Leon Lederman adalah penulis artikel di majalah Newsweek itu. Ia adalah salah seorang pengajar sekolah menengah untuk anak berbakat, dan peraih penghargaan Nobel untuk bidang fisika di tahun 1988.

Leave a Reply

Close Menu