Lemang

1997_mula Februari_Edisi 062_sisip:
Lemang

Di bulan puasa biasa bermunculan jenis-jenis makanan yang jarang ditemukan pada bulan biasa, salah satunya adalah lemang. Penganan yang dibuat dengan cara unik ini termasuk salah satu yang banyak dicari.

Lemang memang lebih dikenal sebagai makanan khas Sumatera Barat seperti juga rendang atau keripik sanjay namun Orang Makasar pun mengenal lemang yang mereka isi dengan pisang atau daging. Sedang Orang Karo mengisinya dengan jahe, sehingga kemudian disebut lemang jahe.

Makanan dengan bahan baku ketan ini terkenal dengan cara pembuatannya yang unik. Setelah dibungkus dengan daun pisang, ketan yang telah diberi air santan kemudian dimasukkan ke dalam batang bamboo dan dibakar selama tiga jam.

Harga sebatang lemang dengan panjang 40 cm adalah Rp. 5000,-. Bila panganan gurih ini belum cukup, di penjual lemang Anda dapat juga mencoba makanan tradisional lain seperti jongkong, ketan hitam dan bubur kampium. Atau dengan uang Rp. 1500,- Anda sudah dapat mencicipi kelezatan lemang berikut ketan hitam sebagai campurannya.

Pada bulan biasa lemang yang dapat dijual oleh Hj. Aziar, salah seorang penjual lemang di kawasan Kramat Raya, berkisar antara 30 hingga 35 buah, sementara pada bulan puasa ia dapat menjual sebanyak 130 buah! Menurutnya keadaan seperti ini – lemang menjadi jajanan yang dicari-cari pada bulan puasa- terjadi juga di tempat asal lemang, Sumatera Barat.

Bila Anda kebetulan sedang melintasi Jl. Kramat Raya, Senen, mungkin kenikmatan makanan khas ini perlu Anda coba.

Leave a Reply

Close Menu