Komunitas TV Publik Indonesia (KTVPI)

2001_Juni_Edisi 125_Sekitar Kita:
Komunitas TV Publik Indonesia (KTVPI)
Rohman Yuliawan

Komunitas TV Publik Indonesia (KTVPI) merupakan lembaga independen, nirlaba yang mendorong arus perubahan sistem penyiaran di Indonesia. KTVPI menjadi pelopor penggerak lahirnya sistem penyiaran publik yang selalu mengedepankan prinsip-prinsip civil society. Sebuah sistem penyiaran publik yang mampu memberdayakan hak-hak kewarganegaraan dalam suatu tata kehidupan yang demokratis.

KTVPI menyadari pentingnya lahir sebuah sistem penyiaran publik yang bebas dari segala pengaruh, non partisan, menjunjung tinggi doktrin fairness serta mampu menjaga kepercayaan publik (akuntanbilitas). KTVPI berkeyakinan sistem penyiaran publik mampu mengendepankan tema-tema Hak Azasi Manusia dengan segala aspeknya, desentralisasi dan otonomi daerah, mewujudkan lahirnya media utama bagi pemilu yang representasi kebutuhan publik.,
KTVPI telah melakukan sejumlah rintisan ke arah perubahan sistem penyiaran publik. Malalui serangkaian program, riset, workshop, dan atktifitasnya, KTVPI juga telah menandatangani nota kerjasama, kesepakatan dan kesepahaman dengan sejumlah institusi, baik pemerintah maupun swasta untuk mengakomodasi lahirnya sistem penyiaran publik di Indonesia.

KTVPI dideklarsikan oleh Yayasan Sains Estetika dan Teknologi pada tanggal 30 Juni 2000. Yayasan SET sendiri merupakan wadah independen dalam bidang produksi audio visual dengan tujuan mengembangkan kreativitas serta kebebasan mewujudkan ide-ide baru yang bertumpu pada keinginan mempresentasikan kemajemukan suku bangsa.

Alamat:
Jl. Bacang III no 11 Kramat Pela Kebayoran Baru Jakarta 12130
T: 62-21-7396962/72799227
F: 62-21-7396962
E:ktvpi@indo.net.id

Leave a Reply

Close Menu