Kid’s Hall of Fame: Penghargaan untuk Para Bocah Pecinta Lingkungan

1997_akhir Februari_Edisi 063_rupa-rupa:
Kid’s Hall of Fame: Penghargaan untuk Para Bocah Pecinta Lingkungan

Ketika Jason Philips berkeinginan untuk menyelamatkan hutan tropis dari segala ancaman pengrusakan, orang tuanya memberi pendapat bahwa pekerjaan itu mungkin terlalu besar untuk dirinya. Karena itu, bocah berusia 11 tahun ini mengalihkan kepeduliannya ke Danau Palmer yang berada di kota tempat tinggalnya di Colorado. Dari berbagai kegiatan yang dilakukannya. Jason Philips berhasil mengumpulkan dana ribuan US$ untuk usaha pelestarian danau tersebut.

Berbeda dengan Jason, James Fujita, 15 tahun, telah mengabdikan hampir seluruh hidupnya untuk meneliti berbagai serangga, tepatnya sejak 12 tahun yang lalu. Berkat ketekunannya, ia tidak saja berhasil menemukan species jengkrik baru di kebun strawberi di kampung halamannya, tapi juga berhasil menjadi ahli serangga yang sering menjadi pembicara di berbagai kegiatan ilmiah di California Selatan.

Untuk sumbangannya terhadap lingkungan, National Geographic dan Pizza Hut beberapa bulan yang lalu memasukkan kedua bocah ini sebagai anggota Kid’s Hall of Washington D.C. secara cuma-cuma tentunya, dan beasiswa sebesar US$ 10,000.

Disadur dari : National Geographic, Vol. 190, No. 6, December 1996

Leave a Reply

Close Menu