Kereta Api

1996_akhir September _Edisi 053_bahas:
Kereta Api

Wahana transportasi darat berupa rangkaian lokomotif dan gerbong yang berjalan di atas dua rel sebagai jalurnya.

Yang unik dari Keret Api “Sukarno”
*Kereta IL.8 dan IL.7 atau terkenal dengan sebutan Kereta Api Luar Biasa Presiden R.I adalah dua gerbong kereta bersejarah dalam masa perjuangan R.I melawan colonial Belanda.
*Kereta inilah yang telah berjasa mengangkut Presiden dan wapres RI Pertama beserta keluarga, bebebrapa anggota cabinet Pemerintahan RL dan beberapa pejabat tinggi, kereta hijrah ibukota RI dari Jakarta ke Jogja, pada 3 Januari 1946.
*Keunikan kereta ini adalah sistim pendinginnya yang memakai es balok. Jadi di atas dan bawah kereta ditempatkan es balok, yang kemudian dihembuskan anginnya ke dalam kereta dengan bantuan kipas angin. Saat ini kedua kereta tersebut ada di Museum Transportasi TMII.

Kereta api di Indonesia
*Mulai dikenal tahun 1864, ketika dibangun rute Semanrang – Temanggung sepanjang 25 km oleh Nederlandsh-Indische Spoorwegen Maatschappij. Rute tersebut mulai dipakai pada tahun 1867.
*Di Indonesia jalur kereta api hanya terdapat di Pulau Jawa, Madura dan Sumatra. Setelah Perang Kemerdekaan, kereta api Indonesia tidak mengalami perkembangan kecuali peremajaan gerbong-gerbong dan penggunaan jenis lokomotif.
* Kereta api muncul pertama kali berupa gerbong-gerbong kayu yang ditarik kerbau atau sapi pada abad 16 di tambang-tambang Eropa dan Inggris. Setelah ditemukannya mesin uap, fungsi binatang sebagai penarik kereta digantikan mesin bertenaga uap yang disebut lokomotif.
*Saat ini bila rangkaian rel kereta api sleuruh dunia disatukan panjangnya akan mencapai 1.250.000 km atau 1250 kali panjang pulau Jawa.
*Kelebihan kereta api mengurangi kepadatan lalu lintas, menghemat pemakaian bahan bakar, serta hanya mengeluarkan sedikit polusi gas buang di udara.

Museum KA Ambarawa …ada apa saja di sana?
*Stasiun Ambarawa dibangun tahun 1873 di areal seluas 12.7.500 m2
*Ada 21 lokomotif upaya dengan bahan bakar kayu dan residu.
*Ada tour loko uap B 2503 plus 3 buah kereta antic yang siap dioperasikan berikut rel bergiginya menaiki bukit Bendono dengan durasi 2 jam. Tanjakan tertinggi adalah 65.000 dan Ambarawa akan terlihat dari keringgian 474 m di atas permukaan air laut.

Kereta Api di Bali…
Di Bali tidak ada kereta api, tapi bila anda ingin naik kereta api ke Jawa Anda dapat menghubungi Perusahaan Umum Kereta Api Mutiara, Jl. Diponegoro Blok B-d/150, Komplek Pertokoan IDT, Denpasar. Telp. (0361) 227131. Di sini Anda dapat memesan tiket kereta, dan aka nada angkutan yang mengangkut Anda ke Banyuwangi (Jawa Timur). Dari sana Anda dapat naik kereta ke Surabaya, Yogya, Bandung atau Jakarta.

Mengapa rute pertama di Pulau Jawa ada di Selatan?
Ini berasal dari kekuatan Deandels akan serangan musuh. Menurutnya apabila musuh dapat merebut jalur pantai utara maka otomatis Pulau Jawa akan mudah dikuasai. Makanya oleh pemerintah colonial Belanda, rute rel kereta api diarahkan ke daerah selatan agar dapat lebih lama bertahan apabila musuh menyerang utara.

Sumber:
Ensiklopedia Nasional Indonesia, jilid 8, PT Cipta Adi Pustaka, 1990
Khazanah Pengetahuan bagi Anak;Angkutan, Pustaka Time Life, Tira Pustaka Jakarta
Seabad Kereta Api Mampir di Kota Bandung 1884-1984 oleh Ir. Haryoto Kunto + wawancara dengan Ir. Haryoto Kuto
Museum Kereta Api Ambarawa Kabupaten Dati II

Leave a Reply

Close Menu