Jamuuu.com = Proyek yang Berhenti

Jamuuu.com = Proyek yang Berhenti

Sejak Februari 2020, aikon mulai menaungi sebuah kerjasama antar beberapa teman untuk mengembangkan sebuah program yang bertujuan untuk men-jamu-kan rakyat Indonesia. Berharap agar seluruh rakyat Indonesia sehat, bebas dari virus covid-19.

Waktu berjalan beberapa bulan. Berbagai usaha seperti membangun relasi dan menebar publikasi telah dilakukan. Pada 31 Agustus 2020 program panjang yang sedang diusahakan, terpaksa dijadikan proyek yang diberhentikan.

Kami menjadi ‘malas’ berhubung muncul beberapa hal yang tidak seperti dibicarakan di awal dan banyak komplikasi yang mendorong ke arah kerumitan, seperti persoalan keberpihakan, administrasi, termasuk keuangan. Alur pendapatan berupa royalti yang dapat diperoleh dari hasil kerja di proses pengembangan (Research & Development – R&D – berupa perancangan grafis) produk SODAMU.POP, yang diharapkan dapat ikut menopang berbagai kebutuhan program, kami hentikan per tanggal 31 Juli 2020. Untuk selanjutnya, produk itu (bila dilanjutkan) akan ‘dinaungi’ atau diurus oleh pihak Suwe Ora Jamu, atau pihak yang menganggap dirinya berhak dan berkemampuan untuk itu. Berikut ini beberapa laporan keuangannya, mereka dapat diunduh di sini dan di situ.

Kami di aikon terbiasa untuk berpikir secara esensial dan bekerja keras secara sederhana. Kami cukup senang untuk dapat bermain dan menghasilkan beberapa produk dan gagasan, sambil tetap berharap akan ada kondisi di mana seluruh rakyat Indonesia sehat, sehat karena minum jamu. Kami percaya bahwa jamu itu menyehatkan sekaligus memperbaiki ekonomi kerakyatan.

Sebagai bagian dari jamuuu.com, kanal instagram @jamuuukakaaa masih akan dilanjutkan, dikelola oleh Sari Wulandari. Sila intip berbagai seseruannya di sana ya. Sementara itu, sila pantau kebun jamu kami.

Kebun itu seluas sedikit lebih dari satu meter persegi. Berada di bak sebuah Bajaj milik Sari Wulandari. Di kebun yang dapat bergerak ini, ditanam kunyit, lengkuas, ubi jalar, dan bunga telang.

Pak Nursin yang menanam

Leave a Reply

Close Menu