Jampi Usodo

Sudahkan kamu minum jamu hari ini?

Konon, jamu adalah kependekan dari Jampi Usodo, Doa untuk selalu sehat. Minuman khas Indonesia ini dibuat dari rempah-rempah yang tumbuh di berbagai pelosok Indonesia. Bagi sebagian orang, minum jamu itu berarti berdoa untuk kesehatan jiwa dan raga. Kalimat-kalimat yang bersyukur, atas kesehatan yang telah dan akan diterima, masuk ke tubuh bersama dengan berbagai berkah alami, keanekargaman hayati Nusantara.

Jamu bukan obat. Ia perlu dikonsumsi dengan rasa syukur dari waktu ke waktu. Membangun daya tahan dan stamina tubuh tidak dapat diperoleh secara instan. Jamu bukan obat yang diproduksi dengan berbagai racikan kimia dan dipastikan memiliki efek samping. Semua yang terbaik membutuhkan proses. Demikian pula dalam hal mendapatkan khasiat jamu. Jamu baru dapat berguna, ketika orang percaya pada kedahsyatan alam Indonesia dan mengonsumsinya secara teratur, hari per hari. Seperti halnya berdoa. Kita perlu percaya dan melakukannya setiap hari.

Sejak korban pagebluk virus corona meluas di Indonesia, aikon berpikir untuk berbuat sesuatu dalam menghadapinya. Jamu adalah medianya. aikon berusaha untuk mendorong sebuah situasi di mana jamu dapat kembali kepada posisi yang sebenarnya, setara atau lebih tinggi dari obat produk pabrik, demi sehat dan mandiri rakyat Indonesia di muka bumi ini.

Kongkritnya, kami berusaha membangun sebuah aplikasi digital sederhana yang diharapkan dapat meraih mimpi tentang adanya masyarakat Indonesia yang sehat. Seperti yang kita tahu, kesehatan adalah satu di antara banyak syarat bagi manusia untuk berpikiran terbuka – yang adalah visi aikon.

Kesehatan yang diraih dengan minum jamu setiap hari ini, diharapkan dapat memberi dampak yang baik bagi konsumen maupun produsen. Di satu sisi, konsumen (khususnya yang tinggal di perkotaan) dapat mengakses berbagai hal yang dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, di pihak lain, aplikasi ini dapat mengembangkan kehidupan para produsen, yaitu para petani, dan penjual jamu.

Di dalam aplikasi digital ini rencananya akan ada empat komponen utama, yaitu: 1. Berbagai cerita tentang jamu, 2. Permainan sederhana (sebagai materi edukasi): Bikin-bikin jamu, dan tanam menanam bahan jamu, 3. Pasar, ruang transaksi, dan 4. Catatan Medis, di mana nantinya pengguna aplikasi dapat memperoleh informasi spesifik dan sesuai dengan kondisi tubuhnya.

Menunggu aplikasi tersebut dibangun, kami siapkan sebuah situs yang kami namakan jamuuu.com dan media sosial jamuuukakaaa. Sedikit tentang jamuuu.com dapat diunduh di sini.

Membangun aplikasi sebagai media kampanye terintegrasi pastinya membutuhkan daya yang besar, yang tidak kami miliki saat ini. Mengetahui hal itu, maka pada awalnya aikon berkolaborasi dengan Suwe Ora Jamu dan Yayasan Negeri Rempah, serta membuka berbagai kemungkinan untuk bekerjasama dalam mewujudkan mimpi bersama.

Entah apa yang akan terwujud nanti, kita serahkan pada semesta yang mengatur. Yang dipentingkan di sini adalah menggulirkan, mengusahakan terbangunnya sebuah ruang interaktif yang dapat mendorong munculnya rakyat Indonesia yang sehat dan makmur pun berkeadilan sosial.

Mari minum jamu setiap hari!

Leave a Reply

Close Menu