hotel de sal playa : penginapan bernuansa garam

2001_Maret_Edisi 122_Peduli:
hotel de sal playa : penginapan bernuansa garam
RohmanYuliawan

Dalam lembar promosinya, pengelola Hotel de Sal Playa, Bolivia, menuliskan “pasti tersedia garam di meja makan hotel”. Ya, promosi tersebut tidaklah berlebihan, karena meja makan di hotel itu terbuat dari garam. Yang mengagumkan tidak hanya meja makan saja yang terbuat dari garam, namun seluruh bangunan hotel, mulai dinding, lantai, atap bahkan bar juga terbuat dari balok-balok garam. Balok-balok tersebut direkatkan dengan adonan yang menyerupai semen terbuat dari campuran garam dan air.

Hotel garam satu-satunya di dunia ini terletak di dekat lokasi penambangan garam Uyuni yang terkenal, di daerah barat daya Bolivia. Dibangun di tahun 1993, hotel ini kini menjadi atraksi tambahan di samping tambang garam Uyuni yang merupakan salah satu tambang garam terbesar di dunia. Pembangunannya sendiri tidak lepas dari kejelian seorang artisan garam dalam melihat peluang bisnis penginapan untuk para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di sana.
Hotel de Sal Playa memiliki lima belas kamar yang bertarif $15 AS semalam, sebuah ruang makan, ruang tamu dan sebuah bar, tapi tentu saja yang disuguhkan di sana bukan air garam. Hanya saja pengelola hotel kerap repot mengingatkan tamunya untuk tidak menjilati dinding hotel yang bisa mengeripis balok-balok garam. Belum lagi di musim hujan harus menambal dinding atau atap dengan balok-balok baru. Duh, susahnya punya garam satu hotel..

Leave a Reply

Close Menu