Es Krim Tjan Jang Masih di Cikini

2002_Februari_Edisi 131_Santap:
Es Krim Tjan Jang Masih di Cikini
Joni Faizal

Penggemar jajanan tempo doeloe pasti masih ingat es krim Tjan Jang yang berada di Cikini. Es krim yang dahulu cukup terkenal di Jakarta itu, saat ini sepertinya tenggelam oleh banyaknya usaha es krim yang ada. Nama Tjan Jang sendiri saat ini hampir tidak terdengar lagi. Padahal, es krim ini maih ada di Cikini, tepatnya di Jl. Cikini 7 dengan gerai sederhana. Sebelum pindah tahun lalu, Tjan Jang dahulu berada di dekat toko Laba-laba, yaitu bangunan yang saat ini dipakai oleh gerai 5 A Sec.

Es krim Tjan Jang didirikan oleh Lie Sin Fie pada tahun 1951. Nama Tjan Jang yang diambil dari nama saudara kandung Lie Si Fie konon berarti sumber air manis. Bersamaan degan rasionalisasi warga Tionghoa di Indonesia, nama es krim Tjan Jang pernah diubah menjadi Tjanang di masa Orde Baru. Baru kemudian diubah lagi menjadi Tjan Jang setelah Orba runtuh.

Menurut Jenny, anak ketiga Lie Sin Fie, yang menjadi satu-satunya penerus usaha Es Krim Tjan Jang, dari delapan putra putri Lie Sin Fie tidak seorang pun yang mau meneruskan usaha ayahnya. “Saya merasa sayang kalau es krim ini harus tutup,” papar Jenni.

Saat ini, meskipun Es Krim Tjan Jang berada di gerai yang sangat sederhana di Cikini, produknya msih dapat dicari di mal-mal dalam bentuk cup maupun literan dengan merek yang sama. Bedanya Tjan Jang kini tidak sesegar dahulu yang dapat diminum begitu keluar dari mesin adonan.

Es Krim Tjan Jang. T: 314.0967

Leave a Reply

Close Menu