Ekotarian, paham alternative konsumen hijau

1996_mula Desember _Edisi 058_santap:
Ekotarian, paham alternative konsumen hijau

Vegetarian ….,
Mungkin sudah banyak yang kenal paham ini. Tapi Ekotarian?

Ekotarian adalah suatu paham atau gerakan yang menyarankan penganutnya untuk mengkonsumsi hanya produk yang sehat, aman, dan dihasilkan dengan cara yang tidak berbahaya bagi ekosistemnya. Ekosistem dalam hal ini tidak terbatas pada fisik biologis, tetapi juga sosial.

Paham ini muncul bukan sekedar karena kecintaan terhadap lingkungan tetapi juga muncul dengan suatu dasar falsafah : anti kekerasan, penindasan, cinta perdamaian, dan demokratisasi. Falsafah ini sering juga disebut-sebut sebagai “PC” atau “Politically Correct”. Dengan falsafah “PC”, ekotarian tidak semata-mata prihatin soal kerusakan lingkungan dan aman buat kesehatan konsumen, tetapi juga prihatin pada masalah produk yang diproduksi dengan cara mengorbankan atau menindas para buruh. Produk buah kaleng dari Del Monte adalah salah satu contoh produk haram bagi pendukung paham ekotarian. Karena produk tersebut menggunakan buah-buahan dari Meksiko yang masih menjalankan eksploitasi terhadap buruh wanita dan anak. Apalagi produk tersebut menggunakan berbagai pengawet yang membahayakan kesehatan.

Benih paham ekotarian mulai muncul tahun 1960-an bersamaan dengan maraknya protes mahasiswa terhadap perang Vietnam dengan menolak untuk diundi wajib militer. Gerakan protes ini, menjadi pemicu bagi gerakan lain, seperti  Gerakan Sadar Lingkungan, yang mencapai puncaknya pada dekade 70-an. Dalam kurun waktu ini mobilisasi berbagai kesadaran baru, termasuk di dalamnya paham ekotarian, sudah sampai ke rumah tangga.

Bagi para penganut paham ini, ada koperasi yang menyediakan produk-produk yang “aman”

Sesuai dengan kriteria di atas, bersama Food Coop (koperasi makanan). Koperasi makanan ini selain menyediakan produk yang “aman” untuk dikonsumsi, juga mempunyai perpustakaan kecil yang menyediakan berbagai informasi berkaitan dengan produk yang mereka jual, misalnya jenis pestisida yang aman digunakan dan daftar pertanian/perkebunan yang memeras buruhnya. Selain itu, mereka pun menerbitkan newsletter, melakukan daur ulang (pembeli dapat mengembalikan botol pada koperasi), dan menyarankan pembelinya untuk membawa kantung sendiri ketika berbelanja. Koperasi juga menjual produk-produk sandang dari produsen secara langsung seperti misalnya baju dari Guatemala.

Ada beberapa koperasi dalam lingkup Food Coop yang cukup terkenal di Amerika, di antaranya adalah Mifflim Street Coop, Willy Street Coop keduanya terletak di kota Madison, ada juga Health Food Store yang juga “PC” dengan nama “Whole Earth” ada dikota Chicago. Antara koperasi ini terbentuk suatu jaringan uang kuat yang menyebar ke seluruh AS berbarengan dengan Health Food Store dan jenis koperasi lainnya seperti housing coop, koperasi untuk petani dan sebagainnya.

Kegiatan yang dilakukan jaringan Food Coop ini adalah pertemuan rutin yang membahas masalah koperasi. Dalam pertemuan ini dibahas mengenai produk “aman”, atau sebaliknya, produk yang akan ditarik dari koperasi.Suatu produk bisa ditarik karena menggunakan bahan yang merusak lingkungan atau diproduksi oleh perusahaan yang mengeksploitasi buruhnya atau berinvestasi di Afrika Selatan (dalam paruh kedua dekade 80-an ada gerakan deinvestasi Afrika Selatan di kota Madison). Mereka juga saling membantu dalam penyediaan stok makanan dan mengadakan kegiatan lain seperti demonstrasi masak yang bernuansa vegetarian maupun ekotarian.

Mifflin St. Coop mempunyai kebiasaan mengadakan festival (Block Street Party) setiap bulan Mei (minggu ke-3) dengan tujuan aksi dan bagi koperasi sekaligus mengenang kebruntalan polisi dan militer pada bulan Mei tahun 1968 dijalan Mifflin. Dalam acara tersebut berbagai organisasi kemasyarakatan terutaman yang sepaham (PC) turut berpartisipasi membuka stand di sepanjang Jalan Mifflin. Hal ini yang sama juga dilakukan oleh Willy Street Coop pada akhir musim panas.

Penganut paham ekotarian tidak tergabung dalam satu wadah, organisasi, atau asosiasi tertentu. Dalam kesehariannya mereka biasanya merupakan anggota dari organisasi seperti kelompok anti nuklir, anti perang, dsb.

Sumber: Marcel Latuihamallo, penganut ekotarian, saat ini bekerja di Yayasan Mitra Indonesia Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Mifflin Street Coop, Wets Mifflin Street Madison WI 5370.

Leave a Reply

Close Menu