DKV Binus University di Festival Parara 2015

Dukungan DKV Binus University untuk Festival Parara 2015

Festival Panen Raya Nusantara 2015 merupakan kegiatan yang melibatkan banyak komunitas berbasis lingkungan dengan semangat adil dan lestari. Dengan mengusung tema tahun ini “Menuju Ekonomi Komunitas Adil Lestari”, festival ini digagas bersama oleh 22 Lembaga Swadaya Masyarakat yaitu WWF Indonesia, GEF SGP, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Perkumpulan Indonesia Berseru (IB), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Perkumpulan TELAPAK, Bogor, Jasa Menenun Mandiri, Sintang, Yayasan Riak Bumi, Pontianak, Yayasan Dian Tama, Pontianak, RECOFTC, Rumah Organik, Aliansi Organis Indonesia (AOI), Bogor, Samdhana Institute, Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM), NTFP-EP Indonesia, WARSI, Jambi, Yayasan Anak Dusun Papua (YADUPA), Jayapura Yayasan Mitra Insani (YMI), Riau, Yayasan KEHATI, serta 108 Komunitas Lokal, berdasarkan keprihatinan akan perhatian terhadap produk-produk komunitas yang masih termarjinalkan. Padahal, potensi dan ceruk pasar terhadap produk-produk komunitas sangat besar baik di tingkat daerah, nasional maupun manca negara.

Festival yang juga disebut sebagai Parara digelar tanggal 6-7 Juni 2015 di Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Kegiatan ini tidak hanya bersifat perayaan semata, tetapi mencoba menghadirkan terobosan mekanisme injeksi bisnis produk komunitas dengan penggiat industri kreatif untuk meningkatkan daya jual dan pemahaman akan produk komunitas kepada publik. Selama festival berlangsung juga akan dibahas isu-isu kebijakan lintas sektoral yang berpengaruh pada keberhasilan ataupun kegagalan dari model dan inisiatif dari ekonomi komunitas adil lestari. Festival ini juga sejalan mendukung program pemerintah untuk lebih memberikan ruang dan fokus terhadap industri-industri ekonomi komunitas yang kreatif-adil-lestari.

Aikon berperan sebagai mitra penyelenggara bersama 22 LSM yang menaungi 108 komunitas lokal yang adil dan lestari, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini Parara mengajak Jurusan DKV School of Design Binus University untuk berpartisipasi mendukung kegiatan Festival ini, di mana para mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengenal produk-produk lokal Indonesia dan membuat materi kampanye sosial. Tidak ketinggalan partisipasi dari para dosen DKV Binus yang turut membuat mural berukuran 2 x 4 meter yang dapat dinikmati oleh pengunjung Festival Parara 2015 di Lapangan Banteng.

Dalam rangkaian acara festival diselenggarakan pula diskusi Desain Bagi Publik dengan tema “Desain yang Adil dan lestari”. Diskusi ini terlaksana atas kerjasama Parara dengan Adgi, DKV Binus dan DKV Universitas Tarumanagara.

Berikut ini adalah tautan dari web DKV Binus mengenai kegiatan ini:

Briefing Session dari Parara kepada mahasiswa DKV Binus di Kampus Binus

• Konferensi Pers Pra-Festival Parara 2015

• Pameran karya mahasiswa DKV Binus University di Festival Parara 2015

• Diskusi Desain Bagi Publik: Desain Yang Adil dan Lestari

• Karya Mural Dosen School of Design di Festival Parara 2015

Leave a Reply

Close Menu