Dari Kompas ..

http://www.kompas. com/read/ xml/2009/ 01/22/15384765/ anaksddemotolakpembongkaranrumah tua

Anak SD Demo Tolak Pembongkaran Rumah Tua
Kamis, 22 Januari 2009 | 15:38 WIB

TANGERANG, KAMIS — Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Karawaci Kota Tangerang dan beberapa pemuda yang tergabung dalam Koalisi Antar Generasi, Kamis (22/1) siang, berunjuk rasa menolak penjualan dan pembongkaran rumah tua di Karawaci yang masuk dalam cagar budaya.

Rumah tua yang dimaksud adalah bangunan kuno berarsitek China dan kolonial yang dahulu digunakan untuk pabrik karet dan rumah peristirahatan para petinggi militer zaman kolonial. Para pengunjuk rasa membawa bendera Merah Putih sambil menyanyikan lagu-lagu. Setelah itu mereka mengelilingi bangunan bersejarah berusia ratusan tahun yang sebagian sudah dibongkar.
“Rumah itu bagus dan termasuk bersejarah, kami minta jangan dibongkar,” ujar Alfian yang ikut demo.

Pelajar kelas VI SDN 1 Karawaci itu tinggal di sisi kanan bangunan tua tersebut. Hadir pada kesempatan itu beberapa anggota Ikatan Pemuda Paguyuban Sosial Marga Tionghoa DKI Jakarta.

Beberapa polisi dan Camat Karawaci Temmy Mulyadi. Uyus Setia Bakti dari Koalisi Antar Generasi mengatakan, gerakan yang mereka lakukan untuk menyelamatkan bangunan dan benda yang dilindungi oleh negara.

“Kami sudah melayangkan surat ke Wali Kota Tangerang untuk meminta agar melindungi warisan budaya ini, tapi surat yang kami kirim minggu lalu sampai kini belum dibalas,” kata Uyus.

Leave a Reply

Close Menu