Dari Birdwatching Fun untuk Lingkungan

2001_November_Edisi 130_Sekitar Kita:
Dari Birdwatching Fun untuk Lingkungan

Isu konservasi lingkungan ternyata bisa disispkan lewat hobi yang dilakukan di alam bebas, sebagaimana dicobakan lewat acara Jogja Birdwatching Fun uang diselenggarakan oleh Matala Biogama, Fakultas Biologi UGM. Hobby pengamatan burung atau birdwatching yang kini mulai populer di kalangan pecinta alam, dirasa cukup efektif untuk dijadikan entry point dalam memperbincangkan upaya konservasi lingkungan secara umum.

Acara yan digelar untuk memperingati 27 tahun Matala Biogama ini diikuti sekitar 40 peserta dari beberapa perguruan tinggi Yogyakarta. Hari Minggu, 7 Oktober 2001, sejak jam delapan pagi para peserta tiba di lokasi, kawasan lereng Merapi.

Seusai pengamatan, dengan tubuh kuyup diguyur hujan, para peserta diminta untuk mengikuti sarasehan mengupas konservasi burung di Yogya berama Soegiman dari KSDA Sleman dan Suharyono dari Polisi Resort Hutan Kawasan Cagar Alam Turgo Plawangan. Dalam forum tersebut terlontar usulan untuk menjadikan aktivitas pengamatan burung menjadi atraksi wisata regular yang melibatkan masyarakat sekitar sebagai pengelola, dengan pertimbangan akan mengurangi ancaman pada spesies langka. Saat ini diketahui spesies langka seperti Elang Jawa hanya tersisa 3 pasang saja di kawasan lereng Merapi. Disepakati pula bahwa konservasi habitat tak kalah penting dibandingkan penyelamatan satwa penghuninya, karena itu konservasi kawasan cagar alam layak diprioritaskan.

Matala Biogama
Fakulats Biologi
Universitas Gadjah Mada
Sekip, Yogyakarta

Leave a Reply

Close Menu