Citilink hanya sukses memoles pesawat.

2002_Maret_Edisi 132_Sekitar Kita:
Citilink hanya sukses memoles pesawat.
Joni

Trend membuat tubuh pesawat dengan gambar dan aneka corak rupanya menyentuh juga maskapai penerbangan komersil kita. Paling tidak, hal itu telah lakukan oleh Garuda Indonesia dengan produk Citilink-nya. Di tubuh pesawat jenis Fokker-28 itu, kini dapat kita nikmati stulasi flora tropis dengan warna-warni yang mengundang mata.

Menurut Anang, dari bagian kreatif Mentari Communication-perusahaan yang mendapat kontrak mendesain pesawat itu gambar-gambar bunga tersebut sengaja dipilih untuk memberikan kesan aktif, non-formal, berjiwa muda, dan dinamis, sebagaimana target penumpang yang diirik oleh citilink.Gambar gambar flora itu,tulis Anang,sekaligus pula mewakili khazanah kekayaan alam Indonesia.Menarik bahwa kemudian pesawat jenis Fokker-28,yang di anggap biasa itu bisa tampil sebagai pesawat istimewa karena balutan desain baru.

Di banyak Negara,gambar di tubuh pesawat umumnya dibuat untuk menunjukan identitas, kebanggaan, atau pesan tertentu, selain tentu saja untuk tujuan komersil. Amerika Selatan, misalnya, membuat desain yang menyatakan persamaan hak. Sementara Austria mengambil aikon composer Johann Strauss yang potret wajahnya menghiasi ekor beberapa pesawat milik maskapai penerbangan mereka. Jepang pun tidak ketinggalan. Gambar Pokemon yang sering muncul di layar televise, menempel cantik di pesawat milik All Nippon Airways setelah seorang anak berusia lima tahun bernama Shota Sato berhasil memenangkan lomba desain pesawat itu.

Di beberapa Negara, corak ragam badan pesawat nampknya dimanfaatkan betul untuk mengusung sebuah pesan, juga untuk menguatkan identitas negara. Dan inilah yang tidak terasa pada meriahnya tubuh Citilink, selain memang menjadikan sebuah Fokker-28 tampil lebih cantik.

“Desain itu hanya intuisi dari kami ketika menerjemahkan tentang sesuatu yang menyegarkan dan indah di Indonesia,” papar Stefanus Sulis, Head of Mentari Communication. Akibatnya, corak bungan yang dipilih pun tidak menyampaikan pesan khusus, selaun hanya mewakili suasanan negeri tropis. Dan kita semua tahu, tidak hanya Indonesia yang berpredikat sebagai negeri tropis.

Leave a Reply

Close Menu