Bungy Jumping

1996_mula Desember _Edisi 058_senggang:
Bungy Jumping

Satu Alternatif Jajak Nyali

  • Awalnya adalah sebuah upacara ritual di Kepulauan Pasifik Selatan, tepatnya Pulau Pantecoat, Vanuata.Upacara ini dilakukan untuk melepas anak laki-laki yang baru menginjak baliq. Dalam upacara ini si anak harus melompat bebas/terjun bebas dari tempat berketinggian lebih dari 30 meter. Selain untuk memperlihatkan kejantanan, upacara ini juga dilakukan untuk memperingati keberhasilan panen hasil bumi masyakarat daerah tersebut.
  • Diilhami kegiatan ini, sekelompok anak muda dari Oxford University yang tergabung dalam “Kelompok Olahraga Berbahaya”, mempertontonkan kegiatan ini pada masyarakat luas pada sekitar akhir tahun 70’an. Berdasarkan video dari kegiatan ini, AJ Hackett mendapatkan ilham untuk lebih mengembangkannya menjadi bisnis. Sejak itulah muncul kegiatan jajal nyali bungy jumping. Bersama rekannya Henry Van Asch, Hackett berusaha mengembangkan standard keamanan melompat. Kemudian bersama staff dari AUCKLAND University mereka membuat percobaan-percobaan untuk menentukan karet yang dapat dipakai untuk menunjang kegiatan ini.
  • Loncatan-loncatan pertama dilakukan sekitar tahun 1986. Setelah itu mulailah dilakukan beberapa loncatan besar oleh Hackett seperti pada tahun 1987 antara lain loncatan dari Menara Eifell (Perancis), Ponts de la Caille (Perancis), dan Tignes (Perancis). Pada tahun 1988 site bungy jumping pertama di Queentoen dan mulailah kegiatan ini berkembang secara komersial. Saat ini, Aj Hackett mempunyai 10 sites di dunia, termasuk di Bali

Aj Hackeet Bungy, Kuta
– Berdiri sejak Maret 1995, sudah melompatkan sekitar 25.000 orang lebih dari berbagai negara
– Lompatan dilakukan dari menari permanen setinggi 24 meter
-Pada hari minggu diadakan acara yang disebut SUNDAY SESSION. Pada hari ini ada atraksi-atraksi lompatan dengan Sepeda Motor, Sepeda Gayung, Raft Surfing Board, GO-Kart dan sebagainya.
-Tarif berkisar antara US$ 44 sampai US$78.
-Sebelum mengisi tanda masuk, peserta ditimbang dulu berat badannya untuk menentukan panjang tali. Di area lompatan mereka diberi pengarahan oleh para Jump Deck Crew tentang cara paling enak untuk melompat.
AJ Hackett Bungy, Kuta
Jl. Double Six, Legian – Bali
Phone : (0361) 730-666 fax : (0361) 730-466

Bali Bungry Co.
-Sudah berdiri selama 2 tahun, dan sudah “melompatkan” 20.000 orang.
-Menggunakan tali elastic (Bungry Cord), terbuat dari jalinan latex fiber yang dapat menahan lebih dari dua ribu kg beban.
-Biaya sekali lompat US$ 49.000 (Rp. 113.500,-). Fasilitas yang didapat antar jemput dua kali lompatan, T-shirt bungy, asuransi, sertifikat, dan soft drink.
-Lompatan dilakukan pemanasan sebelum lompatan dengan bimbingan Jump Master professional
-Ada Lompatan Bungy bersama Bungy Co di Senayan sampai 15 Desember 1996.
Bali Bungy Co.
Jl. Pura Laseh Legian Kelod, Kuta, Bali
Telp/fax (0361) 752658

Leave a Reply

Close Menu