Buku Desain Grafis yang Sosialis

Hari Rabu kemarin, aku diberi sebuah buku oleh seorang teman bernama Adityawarman. Ia baru saja selesai mengolah tesis S2 dan menerbitkannya sebagai sebuah buku.

n52808960468_9902.jpg

Aku belum baca habis buku berisikan banyak paparan mengenai  propaganda, citra, dan aplikasi desain grafis di ruang politik.

Hari ini, Jumat, 5 Desember 2008, buku ini akan diluncurkan untuk pertama kali di sebuah kedai kopi di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Berikut ini undangan yang aku terima untuk diteruskan.

UNDANGAN NGOBROL SORE
Diskusi buku
Propaganda Pemimpin Politik Indonesia – Mengupas Semiotika Orde Baru Soeharto (Arief Adityawan S., Jakarta: LP3ES, 2008)

Pembahas: Ignatius Haryanto – Lembaga Studi Pers Pembangunan (LSPP)
Waktu: Jumat 5 Desember 2008 Pukul 17.00
Kafe Darmint, Jl. Tebet Utara I no. 8 Jakarta Selatan

Diskusi disertai pameran fotografi “10 Years Later – Refleksi 10 Tahun Reformasi 1998, oleh Kurnia Setiawan.

Buku ini membahas desain grafis dari media propaganda politik dari Soeharto hingga SBY, selain juga membahas media kontrapropaganda yang dibuat berbagai LSM. Pembahasan dilakukan dengan memanfaatkan kajian Semiotik. Mesin propaganda Soeharto bekerja dengan mereproduksi ideologi Bapak Pembangunan Indonesia sebagai pahlawan. Mesin propaganda ini mulai bekerja sejak tahun 1965 hingga kini, walaupun Soeharto telah wafat.
Untuk informasi lebihnya, bisa lihat di sini.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu