becak mini, besar rejeki

2001_Agustus_Edisi 127_Sekitas Kita:
becak mini, besar rejeki
Rohman Yuliawan

Bila anda berkendaraan di jalan-jalan kampung atau kawasan perumahan di kota Yogyakarta, jangan kaget bila berpapasan dengan “abang becak” yang bertubuh mungil tengah menggenjot becak ukuran mini. Abang ini bukan sedang mencari penumpang atau terengah-engah mengejar setoran, tapi mereka adalah anak-anak yang tengah bermain dengan becak yang dibuat dalam ukuran kecil. Mereka menyewa becak tersebut dari beberapa persewaan becak mini yang mulai bermunculan di kota Yogya.

Pak Topan, pengusaha penyewaan becak mini di kawasan wisata Tamansari, menuturkan bahwa becak mini mulai populer sejak akhir Juni lalu. “Sebenarnya becak mini lebih dulu ngetren di Semarang, Cirebon dan Surabaya,” kata bapak dua anak ini.

Melihat bisnis penyewaan becak mini begitu laris di kota-kota tersebut, Pak Topan lantas memborong 22 buah becak mini setengah pakai dari kota Cirebon. Becak-becak mini tersebut memiliki bentuk dan ragam hias mirip dengan becak asli, hanya saja berukuran lebih kecil dan rendah. “Meskipun lebih kecil, harganya tidak terpaut jauh dengan becak asli. Harga becak mini baru sekitar 1,2 juta rupiah, kalau yang setengah pakai kira-kira Rp. 800.000,- ujar Pak Topan memberikan gambaran.

Tempat penyewaan becak Pak Topan melayani penyewa mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 21.00, bahkan terkadang lebih larut lagi. “Ongkos sewa hanya Rp. 2000,- setiap jam, bila langsung tiga jam hanya Rp. 5000,- . Becak bisa juga dibawa pulang ongkosnya Rp. 20.000,- tiap 24 jam dan 50.000,- untuk dua hari,” terang Pak Topan. Jika ada kerusakan akibat kecerobohan penyewa, maka beban perbaikan ditanggung penyewa. Selain itu, pemakai becak mini maksimal berusia 15 tahun dan harus meninggalkan KTP orang tua saat menyewa. Selain anak-anak di kawasan kecamatan Kraton, penyewa juga datang dari luar kota seperti Sleman dan Bantul. Dengan membawa mobil penganggkut, mereka biasanya menyewa hingga dua hari penuh. Meskipun enggan merinci pendapatannya perbulan. Pak Topan memperkirakan modal awal akan kembali kurang dari satu bulan. Ya, meskipun berukuran mini ternyata rejeki yang dihasilkan lebih dari sekedar mencukupi.

Leave a Reply

Close Menu