Amanat di depan Forum Nasional Lingkungan Hidup Kawula Muda Indonesia

1995_mula April_Edisi 032_jalan:
Amanat di depan Forum Nasional Lingkungan Hidup Kawula Muda Indonesia

Boutrao Boutros-Ghali 22 April 1995

Ini adalah pertemuan pemuda untuk menyelamatkan lingkungan. Melihat anda, pemuda Indonesia, saya memahami bahwa pertemuan ini adalah juga pertemuan harapan.

Anda berkata “TIDAK” kepada keputus-asaan, kemiskinan dan kebodohan yang merusak lingkungan. Dan anda mengetahui bahwa lingkungan yang rusak hanya akan memperburuk kepputus-asaan, kemiskinan dan kebodohan. Anda berkata “YA” kepada upaya untuk menyelamatkan lingkungan dan untuk pembangunan berkelanjutan bagi semua.

Lingkungan kita terus memburuk. Perusakan hutan, penggundulan daratan, pengikisan lapisan ozon, hujan asam, meningkatnya gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, dan pencemaran udara, air , dan tanah. Lahan yang subur dan produktif lenyap setiap hari karena penyakit dan kekurangan gizi. Akses untuk memperoleh sumber air menjadi terbatas karena pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi yang cepat.

Kita menyadari bahwa sistem penopang hidup yang sangat penting dan keanekaragaman hayati kita, berada dalam ancaman, Lebih banyak upaya yang menentukan diperlukan untuk membalikkan kecenderungan ini. Kita harus merencanakan dan melaksanakan tindakan untuk koeksistensi yang berkelanjutan dengan ekosistem kita.

Dunia membahas masalah ini pada Pertemuan Puncak Bumi, yang berlangsung tiga tahun lalu di Rio de Janeiro. Para pemimpin dunia menyadari tentang perlunya melibatkan pemuda dalam upaya pembangunan berkelanjutan. Mereka menyatakan bahwa “Pemuda meliputi hampir tiga puluh persen dari penduduk dunia. Keterlibatan pemuda masa kini di dalam pengambilan keputusan di bidang lingkungan dan pembangunan, dan di dalam pelaksanaan program, penting untuk keberhasilan jangka panjang Agenda 21.

Dengan kata lain, Negara-Negara Anggota Peserikatan Bangsa-Bangsa telah mufakat bahwa pemuda harus memainkan peranan yang penting jika pembangunan berkelanjutan ingin dicapai.

Di Indonesia, presentase penduduk yang berusia di bawah 15 malahan lebih tinggi – 33,4 persen. Pemuda Indonesia benar-benar menggenggam hari depan negeri ini di dalam tangan mereka.

Anda, dan para pemuda di seluruh dunia, akan menderita apabila kecenderungan sekarang ini berkelanjutan. Anda akan memikul beban karena kegagalan generasi sekarang untuk bertindak. Anda akan mewariskan bumi yang rusak apabila kecenderungan sekarang ini tidak berubah kesempatan anda untuk memperoleh pendidikan yang baik kesehatan dan lapangan kerja yang produktif akan berkurang.

Bulan kemarin, Copenhogen, Perserikatan Bangsa-Bangsa meyelenggarakan Pertemuan Puncak Dunia untuk Pembangunan Sosial. Banyak pemimpin dunia yang memberikan perhatian pada kemunduran di bidang kesehatan, transportasi, dan pendidikan, dan pengangguran yang meluas. Hal ini memberikan dampak yang lebih besar terhadap pemuda dibandingkan dengan sektor masyarakat yang lain.

Namun, kepentingan diri sendiri bukanlah motif anda untuk berada di sini hari ini. Anda menunjukkan kepedulian pada yang hidup. Idealisme anda tampak di wilayah anda. Anda memiliki wawasan untuk hari depan yang lebih baik.

Dan anda mau dan siap untuk bertindak. Anda memliki energy dan dinamisme Anda dan pemuda di mana saja, merupakan sumber yang belum dimanfaatkan dalam perjuangan untuk menyelamatkan lingkungan global.

Karena itulah Forum Nasional Lingkungan Hidup Kawula Muda ini membawa harapan kepada siapa saja, merupakan sumber yang belum dimanfaatkan dalam perjuangan untuk menyelamatkan lingkungan global. Forum ini menyampaikan kepada pemuda di mana saja anda harus terlibat. Suara anda harus didengar. Anda bisa mengumumkan masalah-masalah tersebut tadi, dan mengembangkan dan melaksanakan strategi. Dengan partisipasi penuh anda, kita dapat mengembalikan dunia kita ke jalan menuju lingkungan yang berkelanjutan.

Bagaimana teman-teman anda di negara lain bisa lebih terlibat? Anda bisa memperkuat jaringan anda, membentuk kelompok-kelompok pemuda yang baru, dan menjangkau dari semua lapisan kehidupan.

Anda dapat mengumpulkan dana di sekolah-sekolah dan komunitas anda, untuk melindungi lingkungan dan untuk mengurangi kemiskinan, menghilangkan produk-produk yang tidak bersahabat dengan lingkungan.

Anda bisa menanam pepohonan. Tak ada yang lebih efektif dalam memerangi penggundukan. Saya mengetahui bahwa Pramuka di Indonesia turut melestariakn hutan-hutan dan pohon-pohon serta hewan langka di negerimu ini. Penanaman pohon dan pelestarian satwa liar merupakan pengalaman pendidikan yang positif untuk mereka yang melakukan penanaman, untuk mereka yang peduli.

Pendidikan adalah penting. Anda bisa meminta agar masalah lingkungan diajarkan di sekolah-sekolah anda. Dan di newsletter-newsletter, anda bisa mengumumkan pandangan-pandangan anda mengenai lingkungan . Anda bisa memantau dampak kegiatan setempat. Anda bisa bergabung bersama-sama untuk mengupayakan perlindungan bagi dunia anda di masa mendatang.

Dalam tahun kelima-puluh Perserikatan Bangsa- Bangsa ini, kita melakukan perhitungan kembali. Kita membangun di atas kemajuan-kemajuan yng dicapai dalam setengah abad. Kita belajar dari pelajaran yang diperoleh dari pengalaman. Kita melakukan ini untuk menyusun rencana lima-puluh tahun mendatang untuk menyadari bahwa harapan untuk hari depan yang lebih baik sekarang ini terletak di tangan pemuda.

Tahun 1995 juga menandai ulang tahun kesepuluh Tahun Pemuda Internasional. Sepanjang sepuluh tahun tersebut badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menggalakkan peran serta pemuda yang lebih besar dalam persoalan dunia.

Dari semua masalah, satu yang paling membutuhkan keterlibatan anda yaitu masalah lingkungan dan pembangunan berkelanjuatan. Satu gerakan yang berarti hari ini dimulai dari sini. Forum Nasional Lingkungan Kawula Muda ini akan menjaga momentum Forum Pemuda Global Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Global Forum) dari tahun-tahun sebelumnya dan mengaitkannya dengan Global Youth Forum di San Fransisco bulan Agustus tahun ini.

Forum itu bisa menjadi gerakan yang tak bisa distop. Dia bisa menjadi satu kekuatan besar untuk dunia yang lebih baik yang terbentang di depan. Pekerjaan anda bisa membuatnya menjadi kenyataan.

Semoga anda sukses. Terima kasih dan selamat.

Leave a Reply

Close Menu