Aksi Bersih Peduli Laut

1995_pemula Juni_Edisi 022_sisipan:
Aksi Bersih Peduli Laut

Sebuah Aksi Bersih Peduli Laut dengan tema LINDUKOI PESISIR LAUT NUSANTARA, baru saja digelar Minggu 28 Mei lalu. Pelaksanaan aksi kepedulian lingkungan yang berlangsung di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincin, Jakarta Utara itu melibatkan tidak kurang dari 5000 orang yang terdiri dari warga setempat relawan serta personal Marinir. Kerjasama kemitraan antara Pemerintah, Swasta dan Masyarakat adalah kata kunci memungkinkan terselenggaranya hajat kepedulian lingkungan tersebut.

Latar gagasan aksi ini terpaut dengan upaya peningkatan kerjasama antara generasi muda di kawasan Laut Asia Timur, suatu kerjasama yang diprakarsai oleh United Nations Environmental Program (UNEP), serta sekaligus dikaitkan dengan tema peringatan Ulang Tahun Emas kemerdekaan Republik Indonesia, dalam hal ini meningkatkan Rasa Cinta Bahari.

Aksi Bersih Peduli Laut ini, bagaimana pun hanya langkah kecil. Kegiatan ini mungkin tidak banyak berarti dalam menyumbang pemecahan masalah sampah di wilayah ibukota. Namun, setidaknya melalui kegiatan yang melibatkan segenap unsur pemerintah, swasta dan masyarakat ini, ajakan untuk melihat gambaran nyata akan kekurangan kita dalam mengelola lingkungan telah dilakukan Pesisir utara Jakarta YANG PADA TAHUN 2000 nanti akan segera beralih rupa memang sangat memerlukan kita semua. Masalah sampah atau pencemaran lingkungan pesisir dan laut bersifat mendesak untuk mendapat penanganan yang proporsional. Political Will Pemerintah baik di tingkat Nasional mau pun Daerah menjadi prasayarat penting diperlukan menjawab tantangan perwujudan pengelolaan kawasan pesisir dan laut yang memadai.

Harapan utama dari gelar aksi bersih pemecahan permasalahan secara bersama. Dengan demikian dalam proses, dapat dipupuk kesadaran dan kecintaan masyarakat pada kebersihan dan kelestarian pesisir dan laut Nusantara. Hal ini dalam pengertian paling minim tercermin dalam hasil pengumpulan sampah sekitar 5000 orang terangkut dalam 3 truk sampah atau kurang lebih sekitar  ton sampah dan berbagai jenis telah terkumpul dan diangkat Dinas kebersihan DKI Jakarta.

Sekali lagi kegiatan yang mendapat liputan media secara luas itu hanya mungkin terwujud oleh adanya kerjasama kemitraan berbagai pihak. Tanpa kemitraan itu tak kan mungkin pihak pemrakarsa Yayasan Laut Lestari Indonesia dan Panitia Arung Samudera dapat mewujudkan hajat yang diresmikan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja serta dihadiri oleh Menpora Haryono Isman, KSAL. Laksamana AL tanto Kuswanto, Wagub DKI bidang Kesra, para pejabat dan pemimpin instansi pemerintah lain, para relawan dan segenap warga Kelurahan Kali Baru.

Atas segala keberhasilan dan juga berbagai kekurangan dalam penyelenggaraan Aksi Bersih Peduli Laut, atas nama penyelenggara kami mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak berikut ini:

Menteri Negara Lingkungan Hidup Kepala Bapedal
Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga
Kepala staf TNI – Angkatan Laut
Resident Representative UNDP Jakarta (mewakili UNEP)
Gubernur K-DKI Jakarta yang diwakili Wagub Bidang Kesra
Asisten Menteri Lingkungan Hidup Bidang Kebijaksanaan
Ketua DPRD Tingkat I DKI Jakarta
Panitia Arung Samudera 95
Korps Marinir Sekolah Staf Al, Komando Lintas Laut Militera

Pangkalan Utama dan Markas Besar TNI AL
The Jakarta Post, GATRA, The British Council
PT. Indobuildo, Sea World Ancol
MAPALA UI, Unika ATMAJAYA, Fakultas Psikologi UI
Gabungan Relawan dari unsure LSM, Lemabaga Profesi Karang Taruna
Camat Cilincing dan Lurah Kali Baru
Masyarakat Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing
……..lats but not least, AIKON, atas kerjasama memuat artikel ini.

Leave a Reply

Close Menu