ad.hoc

1997_mula Februari_Edisi 062_gaya:
ad.hoc
Suasana Kerja Membosankan, Rubah Ruang Kerja Anda !

Newsweek terbitan 6 May 1996 memasang berita utama “Ruang Kerja Baru” yang isinya anatara lain, “….akhirnya terbentuk sudah ruang kerja masa depan…”, inilah mungkin bentuk yang sering disebut sebagai ruang kerja masa depan, ruang kerja yang tidak terbatas sebagai kantor, tapi juga dapat menjadi klub bisnis bahkan ruang kerja rumahan.

Selama ini apabila orang menyebut ‘kantor’, pasti yang terbayang adanya susunan sekat-sekat. Adalah Antonio Otterio dan Glen Oliver Low, dua peancang yang mengembangkan sebuah program alternative penataan ruang kerja. Program ini mereka namakan Ad Hoc mobilitas pekerja antar bidang yang terkait.

Program ini menawarkan ruang kerja yang cukup luas dengan beberapa meja yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dipakai oleh beberapa orang/bagian terkait. Dengan demikian meja berfungi sebagai mediator para pekerja/sekaligus membedakan Ad Hoc dengan konsep tradisional yang menekankan pada pembatasan anatar pekerja atau bidang.

Melalui program Ad Hoc, secepat apapun kondisi pekerjaan berubah, penataan ruang dapat dengan cepat pula disesuaikan. Seperti arti kata Ad Hoc, penataan ruang masa depan tidak lagi ststis, namun begitu luwes sesuai kebutuhan. Yang ditawarkan memang bukan satu ruangan yang permanen,  melainkan keluwesan yang permanen.

Ditulis kembali dari VITRA NEWS edisi Des 1996

Leave a Reply

Close Menu